Syukuran Hari Jadi Ke-649, Wali Kota Cirebon Minta Teladani Perjuangan Sunan Gunung Jati



Cirebon, Beritainspiratif.com -Penjabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon ke-649.

Hal itu diungkapkan Dedi saat acara syukuran Hari Jadi Cirebon ke-649 di Komplek BAT Kota Cirebon, Sabtu (15/9/2018).

Rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon ke-649 dimulai dengan sholat Ashar berjamaah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, pembacaan Babad Cirebon, Upacara Hari Jadi Cirebon, Sidang Paripurna DPRD, Kirab Nadran, Pemecahan Rekor Makan Nasi Lengko Terbanyak, Kirab Budaya dan Syukuran.

“Rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon mengedepankan aspek seni dan budaya, agar menumbuhkan kesadaran masyarakat akan potensi Kota Cirebon,” katanya.

Dedi menuturkan bertepatan dengan momentum Hari Jadi Cirebon ke-649 ini masyarakat diajak untuk menghayati perjuangan Sunan Gunung Jati 649 tahun lalu saat mendirikan Cirebon.

“Nilai yang perlu diambil dari perjuangan Sunan Gunung Jati adalah harmonisasi dan dinamisasi dalam membangun Kota Cirebon,” tuturnya.

Dedi mengungkapkan jika nilai harmonis dan dinamis bisa diamalkan masyarakat, maka pembangunan tatanan kehidupan Kota Cirebon akan berjalan dengan baik.

“Hari Jadi Cirebon ini perlu kita syukuri bersama sebagai nikmat dari Allah SWT,” ujarnya.

Terkait potensi Kota Cirebon kata Dedi saat ini Cirebon menjadi pusat kegiatan nasional (PKN) di Jabar bagian Timur, kota perdagangan dan jasa, serta pusat destinasi wisata religi, seni dan budaya di Jabar.

“Maka potensi ini perlu terus dikembangkan dan dilestarikan sepanjang masa,” tambahnya.

Pada kegiatan syukuran Hari Jadi Cirebon ke-649 juga diadakan launching dan penanyangan video pada gerakan Cirebon Kudu Eling, penyerahan penghargaan, pemotongan tumpeng serta hiburan.  (Yones)

Berita Terkait