Syaikhu Berharap Kemampuan Literasi Mampu Menghasilkan Pendapatan



Beritainspiratif.com-Asyikpreneur melakukan pelatihan literasi pada Senin (12/6) bertempat di Ruang Asyik (co-working space) Kalimalang Bekasi. Founder Asyikpreneur, sekaligus calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Ahmad Syaikhu,

berharap pelatihan ini bisa menjadikan kita trampil dalam literasi sehingga mampu menghasilkan pendapatan.

Tak tanggung-tanggung yang memberikan pelatihan adalah Kang Maman, penulis Notulen pada acara Indonesia Lawak Klub.

Kang Maman, sudah punya kemampuan membaca sejak usia 3 tahun dan sudah mendapatkan penghasilan dari kemampuannya membaca.

Di tengah keterbatasan minat baca pada masyarakat Indonesia, ia mengajak untuk pandai memanfaatkan enam keliterasian yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi (calistung), literasi finansial (keuangan), literasi science (keilmuan), literasi budaya dan keberagaman serta literasi digital.

Dalam pandangannya media harus berpihak pada kebenaran sehingga produk dari sebuah media haruslah menghasilkan sesuatu yang benar, baik dan bermanfaat. Oleh karena itu, media haruslah mampu mendidik, mencerahkan, mengayakan informasi dan memberdayakan.

Untuk itulah, inisiator Panasonic Award ini mengajak para peserta pelatihan untuk memulai 5 R yaitu Read (perbanyak membaca), lakukan Research (berbasis data), Reliability (yakinkan benar baru diucapkan), Reflecting (melihat dari semua sudut) dan (W)rite, (menulislah). (Kaka)

Berita Terkait