Sutopo Dapat Penghargaan Sebagai Inspirator dari Persatuan Dokter Paru Indonesia


Jakarta, Beritainspiratif.com – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mendapat penghargaan dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), sebagai Inspirator Terbaik 2018.

Sutopo dinilai menjadi inspirasi bagi para penyintas kanker yang sedang berjuang melawan penyakitnya, khususnya penyandang kanker paru.

“Apa yang dilakukan Pak Sutopo telah banyak menginspirasi penyintas kanker di Indonesia, khusus kanker paru. Tidak menyerah begitu saja, namun tetap survive,” ujar Ketua Umum PDPI Agus Dwi Susanto dalam keterangan tertulis, Senin (17/12/2018).

Agus mengatakan jumlah penderita kanker paru di Indonesia terus meningkat. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sepanjang 2018, terdapat 2,1 juta kasus kanker paru baru dan 1,8 juta kematian karena kanker paru.

Sutopo sendiri sudah menjalani pengobatan selama satu tahun. Sel kanker stadium IV yang bersarang di tubuhnya ternyata kerap kali diajak bicara, terutama saat rasa sakit menyerang.

“Saya selalu bilang, kankerku jangan sakiti aku. Kita sama-sama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Silahkan tetap ada di dalam tubuhku, mungkin kamu memang ditugasi supaya aku selalu ingat beribadah, mendekatkan diri kepada-Nya, dan mengurangi dosa. Aku berterima kasih sudah diingatkan, tapi tolong jangan sakiti saya. Tetap di situ saja dan jangan menyebar,” kata Sutopo yang dilansir detik Minggu (16/12).

Meski merasa tidak nyaman dengan rasa sakitnya, Sutopo berniat menjalani proses pengobatan dengan sebaik-baiknya. Sutopo juga terus menjalankan aktivitasnya sehari-hari sebagai abdi negara serta memberi semangat pada penyintas kanker lainnya.

(Yanis)

Bagikan: