Surat Suara Cadangan Habis, Ratusan Warga Gagal Memilih



Cirebon, Beritainspiratif.com - Ratusan warga Kampung Dukusemar Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon tidak dapat menggunakan hak pilih karena surat suara cadangan habis.

Warga yang tidak masuk Daftar Pemilih tetap (DPT) terpaksa gigit jari sudah mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) tapi tidak dapat menggunakan hak pilih.

Pantauan Beritainspiratif.com di lokasi TPS 06, 07 dan 08 Dukusemar, beberapa warga sempat kecewa sudah datang tapi tidak dapat memilih. Mereka tidak dapat memilih karena kartu cadangan yang disediakan masing-masing TPS habis. Setiap TPS di lokasi tersebut rata-rata mendapatkan 11 kartu suara atau 5 persen dari DPT.

“Tadi ada ratusan warga yang tidak dapat memilih karena kartu cadangan habis. Tentu kami dan mereka kecewa dengan kejadian ini karena tidak dapat memilih hanya karena belum masuk DPT. Kami memiliki KTP Kota Cirebon,” ungkap seorang warga Junaedi, Rabu (27/6).

Hal itu diakui KPPS 06 Dukuhsemar, H. Abdul Hanan mengatakan banyak warga yang tidak masuk DPT ditolak karena kartu cadangan sudah habis. Pihaknya sudah meminta kepada warga untuk mendatangi TPS lain agar dapat memilih.

“Kami hanya menyediakan cadangan 11 kertas suara. Setelah habis kami menolak sementara yang datang memabng sangat banyak sekali. Terpaksa sebagian pemilih yang tidak masuk DPT di RW 03 Dukusemar diminta ke TPS lain,” kata Abdul Hanan.

Abdul Hanan mengaku mereka memasang tidak masuk DPT sehingga hanya dapat dilayani dengan kartu cadangan. Dia juga sudah minta agar menghubungi KPU bila memang handak menggunakan hak pilihnya. (YoC)

Berita Terkait