Sukses Menyelesaikan 9.000 Sertifikat Tanah Pemkab Gowa Raih Penghargaan dari BPN



Makassar, Beritainspiratif.com - Kementerian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional melalui Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan penghargaan kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada acara yang diadakan di Lapangan Indoor PT Telkom Makassar, Rabu (26/12/2018).

Adnan menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan atas Peran Aktif dan Dukungan Pemkab Gowa dalam Mensukseskan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Kabupaten Gowa telah berhasil mencapai target persertifikatan tanah sebanyak 9000 sertifikat.

"Alhamdulillah Pemkab Gowa kembali mendapatkan penghargaan dari Kanwil BPN Sulsel, ini berkat kerja keras dari BPN Gowa juga karena telah mengkoordinir masyarakat Gowa melalui program PTSL Presiden RI," kata Adnan yang diungkap tribuntimur.

Penyerahaan tersebut dirangkaikan juga dengan penerimaan sertifikat tanah oleh masyarakat Gowa.

Kepala BPN Gowa, Awaluddin mengaku Pemerintah Pusat telah menyiapkan 9000 PTSL pada tahun 2018 untuk Kabupaten Gowa yang tersebar di beberapa kecamatan yakni 8000 untuk Kecamatan Pallangga dan Kecamatan Bontomarannu. Serta 1000 untuk UMKM di Kecamatan Pallangga, Bontonompo dan Bajeng.

"Hari ini 1000 sertifikat dibagikan ke masyarakat Gowa lagi, jadi ini sudah tahap kedua karena yang pertama di Desa Julubori. Sedangkan sertifikat lainnya tunggu arahan dari pusat," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, mengatakan sertifikat tanah ini bisa dijadikan modal usaha. Pasalnya pihaknya telah melakukan kerjasama dengan beberapa perbankan, tuturnya.

"Kedepan ditahun 2019, ini bisa menambah semangat bagi masyarakat, karena bisa memperkuat modal usaha masyarakat, kita juga telah bekerjasama dengan perbankan, sehingga perbankan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusan kredit," jelas Nurdin.

Selain Bupati Gowa, turut hadir pula Bupati Enrekang, Walikota Makassar, Forkopimda Gowa, dan Pangdam XIV Hasanuddin.

(Yanis)

Berita Terkait