Sukses Mensitesis Bahan Utama ‘Baterai Lithium’ Dosen UNS Raih Penghargaan ITSF



Beritainspiratif.com - Agus Purwanto dosen Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, melalui penelitian  baterai  lithium sukses memenangkan "Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) Science and Technology Award". Pada penghargaan yang diberikan di Jakarta Kamis, (13/2/2020) kutip Antara.

Agus melakukan penelitian bersama tim riset UNS.

"Pada penelitian ini saya bersama tim riset di UNS telah berhasil mensitesis bahan berbasis nickel cobalt aluminium oxide (NCA) dan lithium titanat (LTO) sebagai bahan utama baterai lithium," ungkap Agus di Solo, Jawa Tengah, Jumat, (14/2/2020).

Selain itu, Guru Besar Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) UNS tersebut juga mengembangkan metode daur ulang NCA untuk  menurunkan  biaya  produksi.

"Tim ini juga sudah membangun sistem produksi baterai yang efisien untuk berbagai aplikasi," katanya.

Sementara itu, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan perguruan tinggi itu sudah mulai mengembangkan teknologi baterai lithium sejak 2012. Saat itu sejalan dengan pencanangan program Mobil Listrik Nasional (Molina).

"Baterai lithium yang dikembangkan UNS saat ini dapat diaplikasikan untuk kendaraan listrik dan alat penyimpan energi dari pembangkit energi yang terbarukan," katanya.

Saat ini, Jamal mengakui kalau sebagian sebagian besar bahan material yang digunakan untuk produksi baterai lithium masih impor.

Itu sebabnya UNS merencanakan pengembangan ke depan akan menggunakan material aktif dengan bahan baku dari dalam negeri.

Yanis

Berita Terkait