Suka Makan Pasta? Simak 6 Jenis Saus Pasta Ini dan Cara Bikinnya



Bandung, Beritainspiratif.com - Pasta merupakan salah satu sajian khas Italia yang paling populer di Indonesia. Makanan dengan cita rasa gurih dan creamy ini banyak dijual diberbagai restoran, mulai dari kelas kaki lima hingga bintang lima.

Selama ini, kita mengenal berbagai jenis pasta, mulai dari spaghetti, fettuccine, penne, fusili, ravioli, hingga macaroni. Beraneka jenis pasta ini biasa disajikan dengan aneka saus.

Bolognese dan carbonara menjadi dua jenis saus yang paling akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Padahal, ada jenis-jenis saus lain yang juga pantas dicoba.

Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini dikutip dari Jitunews.com

1. Aglio Olio

Aglio olio adalah dasar saus pasta yang bersifat non-creamy. Jenis pasta yang kerap disajikan dengan saus aglio olio adalah spaghetti.

Aglio olio diambil dari bahasa Italia di mana aglio berarti bawang putih, dan olio berarti olive oil alias minyak zaitun. Jadi pasta yang dihidangkan saus ini akan dimasak terlebih dahulu dengan tumisan bawang putih cincang, parsley, dan minyak zaitun.

Kita juga bisa menambahkan daging cincang, smokedbeef, sosis, atau seafood untuk memperkaya cita rasa pasta.

2. Alfredo

Kalau aglio olio adalah base sauce yang bersifat non-creamy, maka alfredo adalah dasar saus pasta yang bersifat creamy. Bahan bakunya adalah butter dan krim kental. Sentuhan rasa hanya diperoleh dari penambahan garam dan lada bubuk, serta penambahan parutan keju parmesan yang dimasak sampai meleleh.

Cara memasaknya cukup mudah. Bawang putih ditumis bersama butter dan smokedbeef serta bahan pelengkap lain. Setelah itu, Anda bisa memasukkan krim kental atau susu serta keju.

Pasta yang biasa disajikan dengan saus alfredo adalah fettucini.

3. Pesto

Jika Anda menjumpai pasta dengan saus yang berwarna kehijauan, maka itulah saus pesto. Warna hijau alami pada saus ini ternyata diperoleh tanpa melalui proses pemasakan. Bahan baku pesto hanyalah daun basil yang ditumbuk bersama minyak zaitun, lalu dibubuhi parutan keju parmesan setelah dicampur dengan pasta.

4. Carbonara

Saus carbonara bersifat creamy dan gurih dengan cita rasa keju yang kuat. Carbonara adalah modifikasi dari alfredo yang diberi tambahan keju lebih banyak dan dibubuhi potongan daging asap.

Kesan creamy dari saus ini juga diperkaya dengan penambahan telur kocok. Telur kocok yang dicampur susu cair dicampurkan ke pasta dalam keadaan panas sehingga telur matang meski tidak dimasak. Pasta yang sering disajikan dengan saus ini adalah fettucini dan spaghetti.

5. Marinara

Marinara banyak digunakan sebagai saus dasar pizza. Warna merahnya didapat dari tomat asli yang dimasak bersama bawang bombay dan minyak zaitun. Saus marinara biasanya dipadukan dengan topping sea food pada pasta.

6. Bolognese

Saus yang paling populer di Indonesia ini adalah modifikasi dari saus marinara tapi ditambahkan dengan cincangan daging dan keju parmesan.

Saus bolognese memiliki cita rasa gurih yang dihasilkan dari perpaduan keju dan daging. Bolognese dibuat dari tomat yang telah direbus lalu diblender halus dan dimasak bersama bawang putih, bawang bombay, dan daging cincang yang telah ditumis lebih dulu.

Pasta yang paling sering disajikan dengan saus ini tentu saja spaghetti.

YoC

Makanan khas Italia pasta. (istimewa)

Berita Terkait