Sudah Tahu Arti  Ramadhan?



Bandung, Beritainspiratif.com -

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya bagi umat Islam. Sebagian dari kita mungkin ada yang belum paham tentang arti dari 'Ramadhan' itu sendiri.

"Ramadhan adalah (bulan) diturunkannya Al Qur'an , sebagai panduan untuk umat manusia , juga tanda yang jelas untuk bimbingan dan penilaian antara benar dan salah.

Selanjutnya, jika salah seorang dari kamu mencapai bulan itu, maka ia harus berpuasa. "

( Al Baqarah 185 )

Ramadhan, bulan ke-9 dalam kalender Islam , adalah bulan yang paling penting dan suci bagi umat Islam .

Ayat-ayat pertama Al-Qur'an diturunkan pada bulan ini . Allah SWT ingin Muslim untuk menunaikan puasa pada bulan ini dan seperti yang dinyatakan dalam hadits, Allah SWT memberikan lebih banyak pahala untuk ibadah dan rahmat di bulan ini .

Para fuqoha mengatakan bahwa Ramadhan adalah sebuah bulan yang berlimpah dan mulia yang dapat membuat seorang Muslim yang menghargai dan menghabiskan waktu dengan ibadah, memperoleh pahala sebanyak pahala ibadah 80 tahun .

•Ramadhan berarti " membakar "

Ramadhan, nama bulan ke-9 dalam kalender Islam , adalah kata Arab yang berasal dari kata dasar " Ramda " . " Ramad " semakin panas karena panas yang terus menerus dan tanah yang menjadi semakin panas sedemikian rupa disebut " Ramda" Jadi Ramadhan artinya " membakar " , " untuk membakar karena berjalan telanjang kaki di tanah yang hangus " .

Alasan mengapa bulan suci ini disebut " Ramadhan " adalah karena ia membakar dosa.

Pada bulan Ramadhan, seorang muslim yang berpuasa menahan panas karena kelaparan dan haus dan panasnya puasa membakar dosa- dosa. ( Elmalılı Hamdi Yazir )

•Ramadhan berarti " hujan "

Ramadhan berasal dari kata dasar " Ramadiyu " yang berarti " hujan " yang terlihat pada akhir musim panas , pada awal musim gugur dan membersihkan bumi dari debu .

Seperti hujan yang mencuci permukaan bumi, bulan Ramadhan mensucikan orang beriman dari dosa dan membersihkan hati mereka. (Elmalılı Hamdi Yazir )

Diceritakan bahwa Ramadhan adalah salah satu dari " Asma (Nama) Allah Yang Indah "

Anas Bin Malik meriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW yang tercinta bahwa " Jangan panggil ( bulan suci ) hanya" Ramadhan " . Seperti Allah SWT menyebut " syahr -i Ramadhan "( bulan Ramadhan ) , kamu juga menyebut demikian. (HR Bukhari )

Ulama mengatakan bahwa " Ramadhan " adalah salah satu nama Allah SWT .

Jadi bulan ini harus disebut sebagai " Shahr -i Ramadhan " ( bulan Ramadhan )

(Kaka)

Sumber: Hakikatislam.com

Ilustrasi: Islamidia.com

Berita Terkait