Sudah Berjalan 17 tahun, DAPM Terus Bantu Perekonomian Masyarakat



Cirebon,Beritainspiratif.com - Badan Pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Desa Curug Wetan, Kecamatan Suka Lebak, Kabupaten Cirebon yang sudah berjalan hampir 17 tahun terus melakukan kegiatan untuk membantu perekonomian masyarakat.

Kuwu (Kepala desa.red) Curug Eta, Jaenudin, mengatakan pihaknya terus mensupport DAPM yang merupakan program warisan dari Program Nasioanal Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) untuk tetap eksis dalam mengelola uang negara untuk membantu perekonomian masyarakat.

"Sebagai pengurus atau pengelola uang negara untuk simpan pinjam harus tahu prilaku nasabah atau kreditur, karena nasabah dan kreditur itu yang akan membesarkan lembaga keuangan sehingga kita harus teliti dan berhati – hati agar tidak terjadi kemacetan tunggakan kredit yang berakhir pada bangkrutnya lembaga keuangan," ujar Jaenudin, Selasa (5/3/2019)

Dikatakan Jaenudin, lembaga Ini merupakan aset keuangan negara yang besar dan memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, karena lembaga keuangan ini menyentuh langsung untuk membantu perekonomian masyarakat pedesaan.

“Alhamdulillah kepengurusan DAPM Kecamatan Susukan Lebak sudah terbentuk, tinggal kita tunggu pelaksanaan kinerja DAPM agar maksimal, berdaya guna untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa agar lebih maju,“ harapnya.

Ditambahkan Jaenudin, dengan berhentinya program PNPM perdesaan dan untuk mengamankan aset keuangan negara yang besar agar tetap eksis membantu perekonomian masyarakat dan dana tersebut harus di laporkan ke pemerintah pusat, pemerintah daerah melalui Dinas Pemeberdaayan Masyarakat Desa (DISPERMASDES) membentuk lembaga yang berbadan hukum hal ini untuk mengamankan dan demi kebaikan semuanya agar tidak bermasalah dengan hukum.

“Lembaga yang dulunya eks PNPM perdesaan, sekarang berganti nama dengan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Desa,” tandasnya.

(Dekur)

Berita Terkait