Stadion Si Jalak Harupat Jadi Salah Satu Venue Gelaran Piala Dunia U-20



Bandung, Beritainspiratif.com - Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menyambut baik dengan direkomendasikannya Stadion Si Jalak Harupat (SJH) oleh PSSI kepada FIFA, sebagai salah satu venue dalam helatan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

"Alhamdulillah, FIFA sudah menunjuk SJH atas rekomendasi PSSI. Hingga saat ini perawatan rutin tetap dilakukan meskipun dalam situasi wabah covid-19. Lapang latih yang ada sudah dicek dan sudah representatif, karena sudah bertaraf internasional," ujarnya usai kegiatan Soft Launching Thee Matic di Kecamatan Majalaya, Minggu (28/6/2020).

Baca Juga:Pemkot-bandung-tetapkan-15-kelurahan-sebagai-lokasi-prioritas-stunting-2020

Selain event tersebut, menurutnya SJH juga siap gelar kembali Sophee Liga 1. Namun demikian ia mengingatkan kepada pihak penyelenggara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kabupaten Bandung sudah zona biru covid-19, SJH silakan sudah mulai bisa digunakan sebagai home base Persib. Kepada pihak penyelenggara, saya imbau untuk menyiapkan thermo gun, sediakan tempat cuci tangan, petugas memakai masker, dan ada pengaturan jarak atau physical distancing,” tutur bupati.

Lebih jauh ia berharap, SJH bukan hanya menjadi tempat bertanding, tapi juga ajang pendidikan bagi para atlet berbagai cabang olahraga.

"Jangan kita beli atlet dari luar, datangkan saja pelatihnya, agar kita bisa melahirkan atlet handal kelas dunia," pungkas Dadang Naser.

Baca Juga:Kota-sukabumi-jadi-wilayah-pertama-dan-satu-satunya-di-jabar-masuk-zona-hijau

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bandung Marlan Nirsyamsu menambahkan, jika memang dperlukan pengadaan lapang latih tambahan akan dikerjasamakan pembangunannya dengan Kementerian PUPR. Sedangkan dari ketersediaan fasilitas lain, masih diperlukan beberapa perbaikan dan tambahan.

“Lampu stadion standar FIFA itu 2.500 lux, sedangkan di SJH ini baru 2.000 lux. Tambahan fasilitas audio sistem juga dibutuhkan, karena selama ini kami menyewa,” tambah Kadispora.

Baca Juga:Menpora-ditunjuk-jadi-ketua-inafoc-di-piala-dunia-u-20

Sampai saat ini pihaknya telah melakukan perbaikan prasarana stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung itu. Antara lain perbaikan plumbing, atap tribun dan kursi penonton.

“Kami juga telah melakukan pengecatan gelagar stadion, pembangunan penyempurnaan tutup tribun utara dan selatan, serta perbaikan lintasan atletik,” terang Marlan. (*)

Berita Terkait