Sri Mulyani Kembali Dinobatkan Sebagai Menteri Keuangan Terbaik

Nusa Dua, Beritainspiratif.com – Di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali, Menteri Keuangan (Menku) Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik tahun ini di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi majalah Global Markets.

Global Markets merupakan majalah berita terkemuka di bidang ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Global Markets menilai Sri Mulyani layak menerima penghargaan ini karena mampu mengelola kondisi fiskal dengan defisit anggaran terjaga di bawah 3 persen.

Hal ini terlihat dari realisasi penerimaan pajak yang mencapai 91 persen dari target dan penyerapan belanja pemerintah sebesar 97 persen pada 2017 atau lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Sri Mulyani juga mempunyai peran yang signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini telah tercatat mencapai satu digit dan menekan tingkat kesenjangan.

Sri Mulyani mengatakan dalam sambutannya, bahwa raihan prestasi ini bukan hanya pencapaian pribadi, karena hasil ini juga merupakan kerja keras seluruh pegawai Kementerian Keuangan.

“Tentu kita harus meneliti standar mereka. Jika menyebutkan bahwa efektivitas dan kredibilitas APBN, saya rasa itu kriteria yang cukup baik karena menunjukkan apa yang selama ini Kementerian Keuangan lakukan,” ujarnya, Minggu (14/10) yang dilansir kantor berita Antara.

Dia juga mengatakan, upaya pengelolaan fiskal bukan merupakan hal yang mudah dalam kondisi perekonomian global dilanda ketidakpastian. Namun ia akan terus melakukan upaya terbaik agar realisasi penerimaan pajak tidak meleset terlalu jauh dari target melalui sejumlah program ekstensifikasi.

Sri Mulyani sebelumnya, juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Singapura pada 2006.

Kemudian, dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008.

Dan terakhir sebelumnya, juga dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia versi World Government Summit di Dubai pada Februari 2018.      (Yanis)

Bagikan: