Spirit Puputan Margarana di Tatar Sunda

Bandung, Beritainspiratif.com – Warga Banjar Bali yang bermukim di bumi Parahyangan khususnya di Bandung Utara mcnggelar event Puputan Margarana CUP 20l8 d Pura Secapa AD pada Selasa (20/11/2018). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membumikan spirit perjuangan yang pantang mundur hingga tetes darah terakhir yang dikenal dengan perang Puputan Margarana.

Spirit perjuangan perlu digelorakan oIeh segenap komponen bangsa tidak hanya Krama Bali saja. demi tegaknya kedaulatan NKRI yang ditunjukkan pasukan Ciung Wanara yang dipimpin oleh Kolonel l Gusti Ngurah Rai yang dengan gigih melakukan perjuangan habis-habisan hingga tetes darah penghabisan pada tonggal 20 November |946 hendaknya menjadi inspirasi dalam menjaga tegaknya 4 pilar kebangsaan.

Peristiwa heroik 72 tahun silam tersebut yang kini dikenal dengan nama Puputan Margarana dperingati setiap tanggal 20 November ini telah menjadi bukti sejarah betapa putra terbaik “Sunda kecil” Bali telah gugur sebagai kusuma bangsa. Untuk itu sebagai generasi masa kini kita seyogyanya dapat menjadikan peristiwa heroik Puputan Margarana ini dengan meneruskan semangat juang para kusuma bangsa kita dengan kerja keras‘ kerja ikhlas dengan tuntas guna mengisi kemerdekaan yang dibayar dengan tetesan darah.

Ratusan warga Banjar Bandung Utara sumringah terlibat secara langsung dalam suasana peringatan yang dikemas dalam acara Puputan Margarana Cup 20|8 di halaman Pasraman Widya Dharma dan Pura Vira Chandra Dharma Secapa AD.

Ketua Panitia Puputan Margarana CUP 20l8, I Ketut Wiguna menjelaskan bahwa peringata Puputan Margarana tahun 2018 ini melibatkan warga Bali yang ada di Kta Bandung. khususnya warga Bandung Utara. Dengan mengambil tema ”Refleksi Semangat Perjuanagn I Gusti Ngurah Rai dalam Menumbuhkan Generasi Baru yang Visioner, Holistik. Bijak. dan Merdeka.” Margarana CUP 2018 diisi dengan berbagai kegiatan pertandingan, perlombaan. dan pembacaan dongeng serta puisi oleh anak anak Pasraman Widya Dharma.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan akan ada semakin banyak ruang-ruang perjumpaan bagi warga Banjar Bandung Utara, khususnya anak-anak sebagai generasi penerus kita guna membangun jati diri warga yang memiliki komitmen untuk membangun rasa cinta tanah air, bangsa dan negara Indonesia. (Yanis)

Bagikan: