Sosok Inspiratif Syeikh Arafat Dan Kekuatan Iman



Bali, Beritainspiratif.com - Sosok imam shalat di Bali yang tetap khusyuk saat gempa 7 SR mengguncang pada Minggu (05/08/2018) malam banjir pujian di media sosial. Siapakah beliau?

Video yang viral itu berasal dari live Facebook di akun ‘Musholla As-Syuhada Blk’. Dari video terlihat imam sedang membaca penghujung surat Al-Fatihah ketika gempa mengguncang. Tak ada sambutan sahutan ‘amin’, sebab beberapa jemaah kemudian melarikan diri. Namun imam tetap melanjutkan shalatnya, dia lalu membaca ayat ‘Kursi’.

Imam tersebut berpegangan pada dinding masjid ketika gempa mengguncang. Beberapa jemaah lalu ada yang kembali menjalankan shalat.

Takmir Musala As-Syuhada adalah salah satu makmum ketika salat tersebut. Dia mengungkap sosok imam itu.

“Namanya Arafat. Dia kadang-kadang datang, kadang-kadang tidak. Dia lagi liburan saja,” ucap takmir Musala As-Syuhada ini saat dihubungi, Senin (6/8/2018). Takmir ini meminta namanya tidak dipublikasikan.

Dia sempat berbincang dengan Arafat usai salat selesai. Dari ucapannya, ia meyakini iman Arafat sangat kuat hingga tetap khusyuk memimpin shalat ketika gempa.

“Saya percaya imannya sangat kuat,” ujarnya.

Saat gempa mengguncang, imam shalat sempat melafalkan ayat kursi. Kepada si takmir musala, Arafat mengaku ayat kursi itu langsung begitu saja terucap.

“Saya sempat mengobrol juga. Imannya dia sangat kuat. Dia bilang ‘semua itu karena Allah. Gempa itu Allah yang ciptakan. Jadi kalau kita baca ayat kursi, itu kan ayatnya tentang keagungan Allah, sifat-sifat Allah’. Dia baca ayat kursi itu tidak berpikir, setelah ‘amin’ selesai lalu di mulutnya itu langsung ayat kursi,” ceritanya dilansir Eramuslim.

Dia mengatakan Arafat tidak berkenan diwawancara. Imam shalat tersebut tak ingin niat ibadahnya berubah jadi riya’.

(Kaka)

Berita Terkait