SMPN 2 Weru Siap Laksanakan USBN Berbasis Android

Cirebon, Beritainspiratif.com – Tahun 2019 menjadi tahun kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan secara mandiri oleh SMPN 2 Weru Cirebon.

Dari beberapa uji coba yang dilaksanakan pihak sekolah, 320 siswa kelas 9 siap untuk menghadapi UNBK yang rencananya akan dilaksanakan pada 8-12 April 2019 nanti.

Tidak hanya UNBK saja, peserta didik kelas 9 ini nantinya pada kegiatan Ujian Sekolah berstandar Nasional (USBN) rencananya akan menggunakan sistim android.

Kepala SMPN 2 Weru Cirebon, Yulistin, mengatakan untuk pelaksanaan UNBK pihaknya sudah menyiapkan segalanya jauh-jauh hari, mulai dari server dan jaringan internet, serta sarana dan prasarana lainnya.

“Untuk UNBK nanti kami sudah menyiapkan 4 ruangan lengkap dengan perlengkapan komputernya,” ujar Yulistin, saat ditemui Beritainspiratif.com, Kamis (21/3/2019).

Dikatakan Yulistin, dari 4 ruangan yang disiapkan itu nantinya akan digunakan oleh 3 rombongan peserta UNBK. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan genset untuk mengantisipasi terjadinya mati lampu.

“Kalau koordinasi dengan pihak PLN sih sudah dilakukan oleh dinas, genset ini kita gunakan untuk mengantisipasi kalau terjadi mati lampu mendadak, sehingga tidak menggangu proses UNBK,” katanya.

Selain UNBK, dijelaskan Yulistin, pada tahun ini pihaknya sudah mulai menerapkan USBN berbasis android, dan sistim ini sudah dilakukan uji coba jauh hari dan hasilnya cukup memuaskan.

“Kelebihan dari sistim android ini adalah kita bisa langsung mengetahui nilai dari anak-anak,” terangnya.

“Dengan mengubah sistim ujian dari ujian kertas tulis (UKT) menjadi berbasis internet ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Weru,” pungkas Yulistin.

(Dekur)

Bagikan: