Siswa SMPN di Cirebon Ini Memiliki Minat Baca Tinggi, Hingga Pohon pun Dijadikan Area Membaca

Cirebon, Beritainspiratif.com – Gerakan sadar literasi Pado Maco yang digagas guru honorer SMPN Suranenggala, Warkina SP.d, membuahkan hasil. Hal ini terlihat banyaknya siswa di waktu senggang memanfaatkan pohon sebagai area tempat membaca buku.

Warkina yang tak kenal lelah terus mengembangkan literasi dengan cara berkeliling ke sekolah SDN hingga pasar malam ke desa – desa dengan menggunakan kendaraan roda tiga yang baru saja satu bulan lalu mendapatkan bantuan operasional dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Cirebon.

Warkina, merupakan warga Desa Suranenggala, Kecamatan Suranenggala,Kabupaten Cirebon. Dia mengatakan, ini karena niatnya untuk mengembangkan minat baca kepada masyarakat dan para adik -adik pelajar.

Pada bulan kemarin, dia mendapatkan bantuan operasional roda tiga dari dinas terkait.

“Sebenarnya, saya mengembangkan minat baca kepada masyarakat dan adik-adik pelajar, itu sudah lama, hingga sekarang masih tetap eksis mengembangkan minat bacanya kepada masyarakat kususnya adik- adik pelajar . Alhamdulilah responnya cukup bagus dan diminati oleh adik – adik pelajar,” kata Warkina kepada beritainspiratif.com, Senin (11/3/2019)

Warkina menambahkan, bukan saja sekolah, pasar malam pun dijadikan tempat luang untuk membaca. Upaya gerakan literasi merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pembentukan karakter serta sumber daya manusia dalam mewujudkan pembangunan masyarakat seutuhnya.

“Sehingga kegemaran membaca dan minat baca mulai tumbuh kembang dikalangan anak-anak sekolah dan masyarakat. Berdampak kepada prestasi belajar serta kesadaran masyarakat terhadap daya dukung ke segala bidang melalui program-program pemerintah yang diterapkan,”ujarnya.

(Dekur)

Bagikan: