Sinergi Wika-Len-INKA Bidik Pasar Afrika dan Asia Pasifik



Bandung,Beritainspiratif.com - PT Len Industri (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT INKA (Persero) melakukan kerjasama pengembangan bisnis perkeretaapian global di kawasan Asia Pasifik, Afrika, dan kawasan lainnya.

Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditanda tangani oleh Direktur Utama Len Industri Zakky Gamal Yasin, Direktur Utama Wika Tumiyana, Direktur Utama INKA Budi Noviantoro di Gedung Wika, Jakarta (19/03/2019).

Direktur Utama PT Len Industri Zakky Gamal Yasin mengatakan, transportasi perkeretaapian merupakan core business utama. "Jadi akan terus kita dorong di level internasional. Yang kita tawarkan adalah sistem yang terintegrasi, sehingga tidak bisa jika maju sendiri-sendiri," ujarnya.

Ketiga BUMN tersebut akan berkolaborasi dalam mengikuti tender proyek di luar negeri, khususnya Afrika dan Asia Pasifik.

Dalam kerjasama ini PT Len Industri berperan dalam instalasi dan pengadaan material persinyalan, telekomunikasi, substation (power), SCADA, automatic fare controller, dan portable sliding door untuk perkeretaapian. Len Industri telah berpengalaman dalam pembangunan transportasi perkeretaapian baik Jalur Utama (mainline) di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, maupun urban transport seperti LRT Sumatera Selatan, LRT Jakarta, LRT Jabodebek serta APMS / Skytrain Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sedangkan WIKA sebagai kontraktor EPC international yang melingkupi konstruksi pekerjaan infrastruktur, termasuk stasiun, jalan rel, depo dan lainnya. Kemudian INKA dengan ruang lingkup penyediaan sarana perkeretaapian dan transportasi darat, operation, maintenance dan after sales service.

(Ida)

Berita Terkait