Sinergi Pentahelix Mewujudkan Industri Bersih Kota Cimahi, Citarum Institut Gandeng 188 Pelaku Industri



Cimahi, Beritainspiratif.com - Forum Sinergi Pentahelix Industri Bersih Kota Cimahi, berkomitmen dan berjuang bagi terwujudnya Industri Bersih di kota Cimahi. Mengingat saat ini pencemaran terhadap lingkungan akibat limbah industri telah menjadi ancaman kesehatan dan mencemari sungai Citarum serta potensial menjadi ancaman nasional jika dibiarkan.

Ketua Citarum Institut Dr.Eki Baihaki mengatakan, salah satu langkah strategisnya untuk menggenapi program Citarum Harum pada Selasa 26 Maret 2019, akan mengundang 188 pelaku industri yang ada di Kota Cimahi. Untuk berdialog dan membangun kesepahaman dan komitmen bagi terwujudnya produksi industri bersih, ujarnya.

Mengingat ihtiar tersebut bukan hal yang mudah, namun bukan juga hal yang tidak mungkin jika ada niat baik untuk berkolaborasi semua elemen bangsa secara sinergis.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, para pelaku usaha yang diharapkan hadir adalah pemiliknya, Untuk diajak dialog oleh Forum Sinergi Pentahelix Industri Bersih Kota Cimahi. Yang terdiri dari unsur Pemerintah Kota Cimahi yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup, Sektor 21 Citarum Harum, unsur Bisnis oleh APINDO Kota Cimahi, unsur Akademisi oleh IKIP Siliwangi dan UNBAR, unsur komunitas oleh Citarum Institute dan Gree One Go Green Cimahi, serta unsur Media dari Radio Elshinta Bandung.

Istilah Industri Bersih mulai diperkenalkan oleh UNEP (United Nations Environment Program) pada bulan Mei 1989 pada seminar The Promotion of Cleaner Production di Canterbury, Inggris. Selanjutnya Pemerintah Indonesia sepakat untuk mengadopsi dan menjalankan program yang diinisiasi oleh UNEP tersebut.

Idealnya setiap kegiatan industri berusaha untuk mencegah pencemaran sebelum pencemaran itu terjadi. Oleh karena itu kita harus dapat menempatkan aspek lingkungan hidup menjadi bagian integral dari suatu kegiatan industri, sehingga masalah lingkungan bukan lagi menjadi bagian terpisah dari kegiatan industri

Produksi bersih merupakan suatu strategi pengelolaan lingkungan yang bersifat preventif, terpadu dan diterapkan secara kontinyu pada proses produksi, produk, dan jasa untuk meningkatkan eko-efisiensi sehingga mengurangi resiko terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Produksi Bersih (cleaner production) bertujuan untuk mencegah dan meminimalkan terbentuknya limbah diseluruh tahapan proses produksi. Disamping itu, produksi bersih juga melibatkan upaya-upaya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku, bahan penunjang dan energi diseluruh tahapan produksi. Dengan menerapkan konsep produksi bersih, diharapkan sumber daya alam dapat lebih dilindungi dan dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Secara singkat, produksi bersih memberikan dua keuntungan, pertama meminimisasi terbentuknya limbah, sehingga dapat melindungi kelestarian lingkungan hidup dan kedua adalah efisiensi dalam proses produksi, sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Format acara dibuat semacam dialog diawali sambutan Walikota Cimahi, ajakan dan curah gagasan bersama Dan Sektor 21, wakil APINDO, wakil Akademisi, wakil Komunitas dan Media.

Tujuan utama Sosialisasi adalah :
1.Wujud dari agenda aksi nyata bela Negara bidang lingkungan sesuai Inpres no 7 tahun 2018.

2.Memperkenalkan dan mengendorse Konsep Industri Bersih kepada pelaku usaha, selanjutnya setelah dipahami diharapkan tumbuh kesepakatan untuk menjalankannya.

3.Menunjukan hadirnya komitmen Sinergi Pentahelix bagi terwujudnya Industri Bersih.

(Yanis)

Berita Terkait