Sinergi Pemda Provinsi dan DPRD Kunci Bangun Jawa Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, sinergi dan kolaborasi Pemerintah Daerah Provinsi Jabar dengan DPRD Jabar, menjadi kunci dalam merealisasikan program keumatan sekaligus mewujudkan Jabar Juara Lahir batin.

Emil sapaan Ridwan Kamil memaparkan ada sejumlah program keumatan yang diluncurkan Pemda Provinsi Jabar.

Selain One Pesantren One Product (OPOP), ada pula Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera), sesuai dengan visi Jawa Barat untuk menciptakan Jabar Juara Lahir dan Batin.

“Kami membekali mereka (pesantren) Satu Pesantren Satu Produk, tahun ini sudah 1.100 pesantren yang punya usaha,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil pada Training Orientasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Hotel Prama Grand Preanger, Minggu (9/2/2020).

Sedangkan Kredit Mesra adalah program pinjaman tanpa bunga dan agunan, yang bisa diperoleh di tempat-tempat ibadah.

“Karena punya akses keuangan tanpa bunga tanpa agunan, syaratnya satu, cukup ke masjid. Nanti minta surat rekomendasi dari DKM, nanti (bank) bjb kami yang melanjutkan proses keuangannya,” ucap dia.

Guna merealisasikan program-program keumatan tersebut, menurut Emil, harus ada sinergi dan kolaborasi antara Pemda Provinsi Jabar dengan DPRD Jabar, termasuk anggota DPRD Jabar dari fraksi PKS.

“Dengan kerja sama dan sinergi yang baik, kan madyarakat yang akan mendapat manfaatnya,” pungkas Emil.

(Ida)

Berita Terkait