Silatbar Bidikmisi UPI 2019, AHY Berikan Kuliah Umum

Bandung,Beritainspiratif.com – Executif Director of The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), akan memberikan kuliah umum pada puncak kegiatan Silaturahmi Akbar (Silatbar) Bidikmisi 2019 di Gymnasium UPI pada Sabtu (23/11/2019).

Kuliah umum mengangkat tema “Generasi Milenial dan Keterampilan Abad 21 dalam era Disrupsi”.

Direktur Kemahasiswaan UPI Dr. Mupid Hidayat mengatakan hadirnya revolusi industri 4.0 dan society 5.0, akan memunculkan banyak tantangan dan ketidak pastian.

Karena itu, generasi milenial perlu memiliki keterampilan mendasar pada abad 21, guna menyongsong segala tantangan tersebut.

Sosok AHY putra Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono yang pernah bertugas di kemiliteran dan juga sebagai intelektual yang pengalamannya di mancanegara, sangat tepat menyampaikan kuliah umum dengan tema tersebut.

” AHY muncul sebagai seorang pemuda dan pernah dinas di militer, tapi juga intelektual dan nasionalisme. Saya mengapresiasi panitia yang dapat menghadirkan AHY, dalam Silatbar ini,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Silatbar tahun ini merupakan yang terahir dengan nama bidikmisi, karena mulai tahun depan namanya diganti menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

“Ini kegiatan ahir Bidik Misi karena secara nasional pemerintah telah menetapkan istilah baru bagi mahasiswa dengan ekonomi kurang mampu penerima beasiswa dari pemerintah menjadi KIP kuliah,” pungkasnya.

Kegiatan Silatbar Bidikmisi 2019 UPI merupakan acara tahunan, yang secara rutin dilaksanakan oleh Lingkar Bidik Misi Universitas Pendidikan Indonesia (LBM UPI).

Ketua LBM UPI Dimas menjelaskan, selain kuliah umum Silatbar tahun 2019 juga diisi dengan Pekan Olahraga Bidikmisi (PORMASI) dan Lomba Esai Tingkat Nasional Adikarya Negeri (Letnan).

Diperkirakan sekitar lima ribu mahasiswa penerima bidikmisi dan mahadiswa reguler akan menghadiri Silatbar 2019.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, kuliah umum tidak hanya diikuti oleh mahasiswa baru 2019 penerima bidikmisi UPI, tapi juga angkatan 2016 sampai 2018. Kuliah umum ini terbuka pula bagi mahasiswa reguler dan mahasiswa diluar UPI,” jelasnya. (Ida)

Bagikan: