Sikapi Peristiwa Investor Kabur dan Buruh Terlantar di Purwakarta, Gubernur Jabar Minta Dilakukan Mediasi



Bandung, Beritainspiratif.com -Terkait terjadinya peristiwa kaburnya manajemen pabrik PT Dada, di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta pada Rabu 31 Oktober kemarin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil segera megambil sikap tegas. Hal itu dikatakannya pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kamis,(1/11/2018).

Ridwan Kamil menegaskan, akan segera memerintahkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Jawa Barat Ferry Sofwan Arif untuk menggelar mediasi.

"Nanti saya tugaskan kepala dinas tenaga kerja untuk mediasi kenapa kisruh pengusaha dan buruh di Purwakarta terjadi kemudian apakah bisa dipahami, jika bisa dipahami (penyebabnya), Apa konsekuensi terhadap kepastian hajat hidup orang banyak, yaitu para buruh" jelasnya

Dikatakan Emil, upaya tersebut dilakukan mengingat dalam hal ini porsi pemerintah sebagai mediator yang bertugas menengahi berbagai persoalan-persoalan termasuk masalah pengusaha dan buruh.

"Karena pada dasarnya pemerintah itu adalah mediator melakukan pendampingan kepada dua pihak yang berperkara sebelum masuk ke pengadilan, meski ujung-ujungnya kalau tidak bisa dimediasi secara musyawarah, memang ujungnya pengadilan," pungkasnya.   (Tito)

Berita Terkait