Siapkan Ulama Berdakwah di Luar Negeri, Pemprov Jabar BeriPelatihan Bahasa Inggris untuk Ulama. 



Bogor, Beritainspiratif.com- Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menciptakan program guna memaksimalkan potensi yang ada di Jawa Barat. Terbaru Gubernur Jabar, Ridwan Kamil akan membuat program mengirim ulama keluar negeri untuk berdakwah.

Sebelum dikirim keluar negeri, para ulama akan dilatih berbahasa Inggris.

"Rencananya awal bulan depan akan kita mulai program pelatihan bahasa Inggris untuk para ulama dan ustad," ungkap Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, selepas sholat subuh berjamaah di Masjid Abdurrahman Bin Auf Cibinong Kabupaten Bogor, Selasa (25/9/2018).

Para ulama, kata Emil, akan dikirim keluar negri bila lulus tahapan tes. "Kalau lulus dengan baik saya akan kirim mereka keluar negeri untuk berdakwah," tambah Emil.

Selain itu, Gubernur Jabar telah meminta MUI Kabupaten/kota membuat daftar ulama/ustad yang ingin dilatih, sejalan dengan itu Pemprov Jabar juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas pelatihan bahasa Inggris.

"Mudah-mudahan saya bisa segera mendapatkan nama-nama dari ketua MUI terkait ustad/ulama yang mau dilatih bahasa Inggris," ungkapnya dalam rilis Humas Pemprov Jabar yang diterima Beritainspiratif.com.

Terkait tujuan ke negara mana para ustad/ulama akan di kirim, Ridwan Kamil memprioritaskan ke negara- negara yang masih menilai negatif terhadap Islam. Meski begitu, khusus untuk Eropa, para ulama akan dikirim ke Spanyol.

Tak hanya itu, Emil menambahkan, di negara kejayaan Islam masa lalu tersebut, Emil bahkan diminta membuat masjid oleh warga muslim di sana.

"Kemudian saya tanya kenapa ingin bangun masjid, mereka menjawab karena orang-orang Spanyol yang masuk Islam semakin banyak, rata-rata kami hanya punya mushala kecil," ungkapnya.

Untuk bisa dakwah disana, syaratnya hanya satu "Tentu harus bisa bahasa Inggris," pungkasnya.   (Yanis)

Berita Terkait