Setelah LRT Tanpa Masinis, Kini PT INKA Kembangkan Kereta Tenaga Baterai



Madiun, Beritainspiratif.com - Manajer Humas dan Protokoler PT INKA Exiandri Bambang Primadani menyampaikan bahwa PT INKA menggandeng vendor dan perguruan tinggi untuk pengembangan kereta bertenaga baterai.

"Pengembangan teknologi yang dicanangkan oleh direksi dan manajemen PT INKA, adalah mengembangkan teknologi baterai untuk moda transportasi kereta api, ujar Bambang manajer humas PT INKA, Kamis (27/9/2018) dari laman PT INKA Madiun.

Sebelumnya telah disampaikan terkait rencana pengembangan kereta LRT tanpa masinis, dan kini PT INKA akan mengembangkan pembuatan kereta dengan tenaga baterai, agar konsumsi listrik yang dibutuhkan menjadi lebih efesien.

Pada pengembangan teknologi ini untuk kebutuhan listrik hanya dilakukan pada saat pengisian daya baterai saja. Selama ini, penggunaan baterai lebih banyak diterapkan pada sepeda motor dan mobil. "Untuk penerapan teknologi ini akan digunakan pada kereta api dengan jarak tempuh pendek seperti commuter line, ujar Bambang.

Dari sisi teknologi, penggunaan energi baterai untuk menggerakkan kereta api bisa dilakukan. Hanya, harus diperhitungkan kekuatan baterainya mengingat barang yang ditarik lebih berat. "Spesifikasi baterai yang digunakan kereta kapasitasnya harus besar. Selain itu waktu pengisi dayanya juga harus cepat," Ungkap Bambang.     (Yanis)

Berita Terkait