Serius Urus Kopi, Pemprov Segera Bentuk Forum Kopi Jawa Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membuat Forum Kopi Jawa Barat (FKJ) yang berfungsi sebagai Tim pengkaji kopi di Jawa Barat.

Hal tersebut di sampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat 'Ngawangkong Bersama Gubernur' pada rangkaian kegiatan Ngopi Saraosna (Ngora) Vol 6 di, halaman belakang Gedung Sate, Jumat (12/10/2018).

FKJ, menurut Emil sapaan Ridwan Kamil, merupakan tim yang terdiri dari berbagai pihak baik itu pengamat, petani, juga pemerintah.

"Saya ingin ada forum kopi Jawa Barat disana isinya, petani, pemerintah ahli dan pihak lain dan forum ini akan dibahas secara lebih detail perkopian di Jawa Barat," jelasnya.

Menindak lanjuti hal tersebut, pihaknya berkomitmen dalam waktu dekat akan menggelar rapat khusus membahas kopi di Jawa Barat guna pemetaan problem, potensi, juga solusi terkait kopi di Jawa Barat. Terutama dipihak petani.

"Silahkan diinput saja apa problem - problem di petani (kopi), kalau permasalahannya kurang teknologi nanti dibuat pelatihannya,Saya rapatkan khusus kopi ini di ruang khusus  sehingga kita tahu apa kendalanya apakah kendala ilmu atau kendala alat," jelas Emil.

Ridwan menambahkan, salah satunya ciri suksesnya kopi Jawa Barat jika ada kafe khusus di seluruh dunia "Ujung wajah kesuksesan Jawa Barat adalah kita punya cafe kopi Jawa Barat di seluruh dunia, makanya nanti dibedah," pungkas Emil.    (Tito)

Berita Terkait