Sepekan Ini Harga Cabai di Kota Bandung Sedikit Naik

Bandung, Beritainspiratif.com – Beberapa pekan terakhir, harga komuditas cabai di Kota Bandung mengalami kenaikan hingga 40 persen. Hal tersebut disebabkan oleh faktor cuaca sehingga terjadi kenaikan pada harga cabai merah dan keriting.

“Hujan membuat penurunan kualitas pada cabai. Ini yang menjadi penyebab harga cabai terus merangkak naik,” ucap Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar di Balai Benih Ikan Cibiru Kota Bandung Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, dampak dari cuaca, jika salah penanganan akan mempengaruhi kualitas cabai itu sendiri.

“Rentan cuaca, cabe salah penanganan akan mempengaruhi kualitas dan mengecil ukuran cabe,”katanya.

Selain itu, harga cabai merah dan cabai keriting yang sebelumnya berada dikisaran Rp50-60 ribu per-kilogram, kini sudah naik menjadi Rp 100 ribu. Kenaikan itu terjadi dalam beberapa hari ini.

“Kalau dari sisi permintaan masih normal, tetapi kan hujan membuat kualitas cabai menurun sehingga stok yang dikeluarkan itu stok lama. sehingga ketersediaan cabai menjadi tidak banyak,” ucapnya.

Pihaknya menyampaikan, bahwa ketersediaan cabai merah dan cabai keriting untuk Kota Bandung dipastikan dia tidak akan berkurang. Warga masyarakat ditegaskannya, tidak perlu khawatir.

“Kalau terus merangkak naik, kita akan lakukan operasi pasar. Tetapi kita melihat untuk Kota Bandung relatif tidak begitu bergejolak, dan mudah-mudahan hanya dalam satu pekan saja,”pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: