Seniman Bandung, Restu Taufik Akbar Gelar Pameran Tunggal



Bandung, Beritainspiratfi.com - Seniman Kota Bandung Restu Taufik Akbar memamerkan karya seni lukis berjudul The Other Hemisphere di Art Space Hotel de Braga by Artotel, Jalan Braga nomor 10 Bandung, pada Rabu (10/10/2018).

Ada 8 karya yang di pamerkan alumnus ITB tersebut. Lebih lanjut Restu menjelaskan tema yang diusungnya bermakna 'Belahan Bumi Lainnya', maksudnya, papar Restu, lukisan yang dipamerkan tetap berkaitan dengan alam, namun tidak seperti lukisan alam lainya yang menonjolkan aspek bentuk alam secara fotografi dengan unsur gunung, pohon, dan tumbuhan lainya.

"Karya saya masih tentang alam tapi tidak seperti yang lain, biasanya kan kalau melukis alam itu ada gunung pohon dan tanaman lainnya, ini justru saya membuat sesuatu yang abstrak dengan coretan-coretan dengan bentuk batang tapi tidak menggambarkan bentuk pohon secara utuh misalnya, sehingga orang yang melihat lukisan bisa dengan bebas berkhayal apa yang menjadi bentuk sebenarnya dari alam itu sendiri. Nah itulah yang saya maksud dengan bagian bumi yang lain',"jelasnya.

Awalnya, lanjut Restu, inspirasi untuk melukis abstrak tentang bentang alam yang lain ia dapat dari kehidupannya sendiri

"Saya awalnya kan memang hobi itu kegiatan di luar  di alam, ke gunung, touring dari situ saya berpikir bahwa alam itu meskipun yang kita lihat adalah gunung, pohon, jalan, langit dan lain sebagainya, tapi menurut pikiran kita alam itu bisa saja tidak seperti itu, maka akhirnya saya berpikir bahwa ada unsur lain dari alam yang saya sajikan dalam lukisan ini dan berbentuk abstrak, coretan warna yang saling tumpang tindih, ya itulah yang menurut saya alam dengan bentuk yang lain," ujarnya.

Mengenai karya seni lukis yang dipamerkan di hotel, Restu merespon positif, karena semakin banyak orang yang bisa menikmati sebuah karya seni.

"Pameran di hotel, saya memang baru pertama kali, bagi saya menarik, yang dateng biasanya insan seni doang, tapi kalau di hotel kan bisa berbagai orang, yang liburan misalnya, bisa lebih luas cakupan apresiator seninya, itu menarik," jelasnya.

Pameran The Other Hemisphere ini akan berlangsung hingga 28 Oktober mendatang.    (Tito)

Berita Terkait