Seni Budaya Berbagai Etnis Akan Ramaikan Perayaan HUT RI Ke-74 dan Hari Jadi Cirebon Ke-650



Cirebon, Beritainspiratif.com - Wali Kota meminta setiap etnis yang ada di Kota Cirebon untuk turut serta memeriahkan perayaan ulang tahun ke 74 kemerdekaan RI dan hari jadi Cirebon ke 650.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat menghadiri Rapat Persiapan Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Cirebon ke 650 di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon, Selasa (9/7/2019).

“Kota Cirebon itu terdiri dari beragam etnis dan budaya. Bahkan dulunya Cirebon dikenal dengan ungkapan kota seribu etnis dan seribu budaya,” ungkap Azis.

Minimnya keindahan alam diyakini Azis tidak akan membuat pariwisata di Kota Cirebon terpuruk. “Tapi justru, kita bisa menjadi kota pariwisata terdepan di Jawa Barat,” tegas Azis.

Karena itu, momentum hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan RI dan hari jadi Cirebon ke 650 harus dijadikan pijakan dan langkah awal membangun sebuah kota pariwisata berbasis pada kekuatan seni dan budaya yang dimiliki Kota Cirebon.

Karenanya itu, Azis meminta kepada ketua panitia HUT ke 74 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Cirebon ke 650 mengirimkan surat kepada setiap etnis yang ada di Kota Cirebon. Mereka diminta untuk berperan serta menampilkan berbagai seni dan budaya yang sudah menjadi ciri khas mereka di malam puncak perayaan Hari Jadi Cirebon ke 650.

“Siapa tahu dari penampilan itu nanti ada yang bagus yang selanjutnya bisa dijadikan agenda tahunan wisata di Kota Cirebon,” ungkap Azis.

Bahkan penampilan dari beragam etnis tersebut menurut Azis juga akan mendapatkan penilaian. “Hadiahnya sudah disiapkan bu wakil,” ungkap Azis. Yaitu dengan total hadiah uang sebesar Rp 50 juta. Karena itu, Azis kembali menekankan kepada ketua panitia untuk segera memberikan surat edaran kepada setiap etnis yang ada di Kota Cirebon untuk turut berpartisipasi pada dua hari ulang tahun tersebut.

Dengan penampilan seni dan budaya dari beragam etnis tersebut menunjukkan jika Kota Cirebon merupakan kota yang kaya dengan seni dan budaya. Namun tetap dalam satu wadah yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Seluruh masyarakat Kota Cirebon juga harus bergembira menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI dan juga hari jadi Cirebon ke 650 ini,” ungkap Azis.

Sementara itu Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, juga sangat berharap peringatan hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan RI dan hari jadi Cirebon ke 650 menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Kota Cirebon. Terlebih sarana dan prasarana yang ada di wilayah Cirebon saat ini sangat lengkap. Mulai dari double track kereta api, tol trans Jawa hingga keberadaan BIJB Kertajati yang saat ini sudah hidup karena sejumlah penerbangan sudah dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke BIJB Kertajati.

“Kita ingin, Kota Cirebon dan seluruh kepala daerah yang ada di wilayah Cirebon ini menangkap peluang tersebut,” ungkap Eti. Serta menjadikan wilayah Cirebon daerah pariwisata yang maju di Jawa Barat. (Yones)

Berita Terkait