Senam Sparko Karya Danyon 812 Satuan 81/Kopassus Raih Rekor MURI Peserta Terbanyak



Bekasi, Beritainspiratif.com - Didukung Pemerintah Kota Bekasi, senam sparko dikenalkan kepada para pelajar sekolah, anggota Polri serta masyarakat luas secara massal dengan total 57.000 peserta di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Selasa, (6/8/2019).

Dilansir dari laman MURI senam sparko dengan peserta terbanyak tersebut dicatat di Museum Rekor Indonesia (Muri) yang ditemukan oleh Mayor Inf Eka Wira Dharmawan, seorang perwira menengah TNI-AD.

“Rekor ini menjadi pertama di Indonesia bahkan dunia, karena gerakan senam sparko berasal dari Indonesia hasil karya Mayor Inf Eka Wira Dharmawan, putra bangsa,” ujar Triyono mewakili Muri.

Ditambahkan Triyono, bahwa untuk membuat rekor harus diikuti 30 ribu peserta, namun dalam penyelenggaraan ini, jumlah pesertanya melebihi target ditetapkan, dan menjadi yang pertama di Indonesia bahkan di Dunia.

Senam sparko dicatat dalam rekor MURI nomor 9093 dan diberikan kepada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Indarto, Komandan Kodim 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan dan penemu senam sparko Mayor Inf Eka Wira Dharmawan.

Ribuan peserta mengikuti langsung sepuluh gerakan senam sparko dari penemunya Mayor Inf Eka Wira Dharmawan yang bertugas sebagai Komandan Batalyon 812 Satuan 81/Kopassus yang di juluki The King Of Sparko.

“Terimakasih Forkopimda Kota Bekasi, mari kita terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh”, Ujar Eka Wira Dharmawan.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengapresiasi penyelenggaraan senam sparko yang berhasil meraih rekor muri sebagai peserta terbanyak. Menurutnya, senam Sparko sudah menjadi budaya olahraga baru di Kota Bekasi.

“Senam Sparko di Kota Bekasi, sudah rutin lakukan setiap Selasa dan Jumat di Stadion Patriot Chandrabaga,” kata Rahmat Effendi.

Yanis

Berita Terkait