Selamatkan Lingkungan PT PLN Gandeng Komunitas Pecinta Alam

Cirebon,Beritainspiratif.com – Setelah sukses menyelenggarakan penanaman mangrove di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu pekan silam, PT PLN (Persero) dari UP3 Cirebon, Indramayu, Purwakarta, Karawang dan Sumedang akan kembali melakukan kegiatan serupa di sepanjang pantai utara Jawa Barat.

Pejabat K3L UP3 Cirebon, Amir Machmud, saat ditemui beritainspiratif.com mengatakan, program dari bagian K3L UP3 Cirebon, Indramayu, Purwakarta, Karawang dan Sumedang pada tahun 2019 ini fokus pada penyelamatan lingkungan, untuk itu pihaknya akan mengandeng komunitas atau perkumpulan masyarakat peduli lingkungan untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

“Seperti penanaman mangrove kemarin di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu kami dari 5 UP3 mengandeng sanggar lingkungan hidup, dan kami juga mendapat laporan dari masyarakat kalau ada satu daerah yang kondisinya sudah rusak akibat abrasi, dan kami pun berinisiasi untuk menanam mangrove,” ujar Amir Machmud.

Pada penanaman mangrove kemarin menurut Amir Machmud, dihadiri dari perwakilan K3L UP3 Cirebon, Indramayu, Karawang, Purwakarta dan Sumedang. Ke semua UP3 ini berkomitmen akan menjaga lingkungan dari kerusakan.

“Tujuan utama penanaman mangrove adalah menjaga kelestarian alam, untuk itu setelah dilakukan penanaman nantinya akan kita monitor perkembangannya,” katanya.

Senada dengan Amir, Pejabat K3L UP3 Indramayu, A Fatikh, juga mengatakan, setelah dilakukan penanaman dan pemeliharaan, dirinya berharap nantinya mangrove yang ditanam ini bisa menjadi destinasi wisata baru, dan bermanfaat untuk warga pesisir untuk dapat mensejahterakan masyarkat.

“Kita melihat ada beberapa daerah yang sudah mulai menjadikan hutan mangrove sebagai destinasi wisata, dan apa yang kami tanam sekarang ini juga berharap bisa menjadi seperti itu (destinasi wisata baru),” katanya.

Selain menaman mangrove, ditambahkan Fatikh, pihaknya juga sudah melakukan penanaman di sepanjang sungai Cisanggarung, dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarkat.

“Tangan kami terbuka untuk komunitas pecinta alam, dan masyarakat yang peduli dengan lingkungan untuk bersama-sama dengan PLN menjaga lingkungan,” tambahnya. (Dekur)

Bagikan: