Sekretaris Komisi I DPRD Jabar Sadar Muslihat Dukung Usulan Kabupaten Garut Utara

Bandung, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan idealnya Jawa Barat memiliki sekitar 40 kota dan kabupaten

Untuk itu pihaknya akan terus mempejuangkan pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB), sehingga mencapai jumlah ideal.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menyatakan akan terus berjuang menambah jumlah kabupaten dan kota di Jabar, dari saat ini 27 menjadi 40 kota dan kabupaten.

“Hal ini sudah diapresiasi dan dibahas oleh Bappenas,” ujar Emil di Gedung Sate kota Bandung, Senin (30/11/2020).

Baca Juga:Tahun-2020-tercatat-2-885-desa-kelurahan-di-jabar-sadar-hukum

Tuntutan pemekaran wilayah juga disampaikan Paguyuban Masyarakat Kabupaten Garut (PM Gatra).

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Barat Sadar Muslihat, mendukung usulan Calon Persiapan Otonomi Baru (CPDOB) Kabupaten Garut Utara.

Menurut Sadar Muslihat, Garut Utara memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari wisata yang selama ini telah dikelola dengan baik.

Destinasi Wisata Berbasis Budaya, Sejarah dan Religi menjadi salah satu potensi wisata, yang secara keseluruhan memiliki tata kelola yang baik untuk mendukung CPDOB Garut Utara.

“Kita melihat salah satu potensi pariwisata disini, mungkin ini akan menjadi salah satu calon penyumbang PAD bagi Kabupaten yang di inginkan yaitu Kabupaten Garut Utara, diantaranya Leles, Limbangan dan lainnya ,” ucap Sadar ketika mengunjungi Candi Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut belum lama ini.

Namun demikian pengembangan CPDOB Kabupaten Garut Utara masih dalam tahap awal, berbeda dengan saudaranya Garut Selatan yang sudah masuk dalam amanat Presiden.

Garut Utara lanjut Sadar Muslihat, masih perlu melengkapi persyaratan normatif yang harus dipenuhi oleh suatu Daerah Otonom Baru (DOB), seperti jumlah penduduk, ibu kota, kajian ilmiah dan beberapa hal.

“Namun satu langkah yang baik, bahwa rencana pemekaran (Garut Utara) mendapat dukungan dari Bupati Garut,” pungkasnya.

(Ida)

Baca Juga:

Bagikan: