Sekitar 80 - 90% Pemilih Pilkada Jabar 2018 Memilih Berdasarkan sisi Religius



Bandung, Beritainspiratif.com - Berdasarkan presentasi pemilih pada Pilkada Jabar 27 Juni 2018 lalu, tim peneliti Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung Ari Ganjar Herdiansah, s.sos.,M.Si., pH.D menilai bahwa pemilih Jabar masih menempatkan sisi religiusitasnya.

Hal ini dapat dilihat dari para pemilih di Jabar yang memilih berdasarkan agama masih tinggi terutama di pasangan Asyik (Sudrajat - Ahmad Syaikhu) yang diperkirakan mencapai 80 - 90 %.

"Jabar masih religius para pemilihnya dilihat hasil mereka yang memilih berdasarkan agama masih tinggi sekitar 80 - 90 persen, terutama pasangan Asyik", katanya pada Beritainspiratif.com pada Selasa (10/7/2018) di Kampus Fisip Unpad Bandung pada seminar bertema "Perilaku Memilih Pada Pilgub Jabar 2018".

Tetapi menurutnya, yang menarik adalah mereka yang memilih pasangan Rindu dengan menonjolkan karakteristik rasional dengan melihat sisi program kerja, bukti nyata dan pengalamannya di pemerintahan.

"Karakteristik ini bisa kita baca sebagai tren yang positif kedepannya pada Pemilu Jabar", tambah Herdiansah.

Herdiansah pun menambahkan, masyarakat sekarang bisa lebih cerdas lagi dalam memilih yakni lebih melihat kepada isu-isu yang berkaitan langsung dengan kehidupan mereka di pemerintahan misalnya isu ekonomi meskipun faktor primordialisme seperti agama.

(Kaka)

Berita Terkait