Sekitar 120 Pekerja Lokal PT Freeport Terkena PHK, Datangi Gedung PP Muhammadiyah Minta Perlindungan

Jakarta, Beritainspiratif.com – Pekerja lokal PT Freeport Indonesia yang terkena PHK massal sedang mencari keadilan ke PP Muhammadiyah. Mereka naik kapal 10 hari dari Papua menuju Jakarta. Selama di Jakarta mereka stay di Gedung PP Muhammadiyah.

Salah satu dari mereka, Stevan Edward, bercerita sudah menjadi pegawai permanen Freeport sejak 2008, tahun 2017 kemarin kena pecat sepihak.

“Total ada 8000 pegawai Freeport yang terkena PHK, sekitar 4000 pegawai permanen,” kata Steven, di Gedung PP Muhammadiyah, Selasa (31/7/2018) kemarin dikutip Swamedium.

Sekitar 120 orang tinggal di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah sambil memperjuangkan hak-haknya.

Kemarin siang, mereka telah ditemui Busyro Muqoddas, Ketua PP Muhammadiyah, Dahnil Anzar, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, dan Manager Nasution, Wakil Majelis Hukum PP Muhammadiyah.

Selanjutnya, Muhammadiyah akan koordinasi dengan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) untuk bekerjasama menyuarakan lebih keras lagi terkait PHK sepihak karyawan Freeport ini pada Pemerintah.

Selain itu, pihak Muhammadiyah juga sudah menghubungi Kementerian Tenaga Kerja dan meminta Menteri Hanif Dhakiri untuk menemui para korban PHK tersebut.

(Kaka)

Bagikan: