Sekda Jabar Pastikan Perkembangan Signifikan Tol Cisumdawu



Bandung,Beritainspiratif.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Iwa Karniwa memastikan, Tol Cisumdawu seksi 1 Jatinangor-Rancakalong dan seksi 2 Rancakalong-Sumedang sepanjang 28,80 kilometer yang merupakan porsi pemerintah menunjukan perkembangan signifkan.

“Seksi 1 untuk lahan sudah mencapai 65,86% artinya proses pembangunan sudah dimulai dan konstruksi sudah 14,26%,” paparnya di Gedung Sate, Bandung, Senin (25/3/19) petang.

Sedangkan seksi 2 ruas Rancakalong-Sumedang yang panjangnya 17, 35 kilometer saat ini posisi terakhir pembebasan lahan sudah 92 % dan konstruksinya pada posisi 81,71%.

“Diharapkan seksi I sampai III itu berarti Jatinangor, Rancakalong, Sumedang, dan Cimalaka tahun 2019 selesai. Dan untuk total secara keseluruhan selesai 2020,” tuturnya.

Sekda Iwa menuturkan, untuk seksi 2 pemerintah mengharapkan bisa digunakan arus mudik lebaran tahun ini. Hal ini mengingat dua terowongan kembar sudah selesai sepanjang 471 meter dari kiri ke kanan.

“Yang bisa dipakai lebaran Rancakalong-Sumedang itu, alternatif [menghindari] Cadas Pangeran bisa dilalui, bahkan mungkin sampai Cimalaka karena di situ macetnya,” katanya.

Meski belum dirasa memadai namun pihaknya menilai, jika dua ruas ini dikebut oleh pihak kontraktor maka kemungkinan menjadi jalur mudik sangat terbuka.

"Walaupun belum memadai tapi bisa dilalui, itu kan sangat membantu apabila seksi II dan III selesai saat Idul Fitri,” kata Sekda.

(Ida)

Berita Terkait