Sejumlah Artis Luar Negeri dan Jawa Barat, Meriahkan Rawayan West Java World Music Festival

Bandung,Beritainspiratif.com – Saung Angklung Ujo menggelar festival musik dunia, dengan nama Rawayan West Java World Music Festival (Rawayan).

Direktur Utama PT Saung Angklung Ujo Taufik Hidayat mengatakan, festival akan digelar pada 21 September 2019 di Kebon Ujo dan Saung Angklung Ujo kota Bandung.

“Rawayan adalah music kolaboratif yang mengusung genre world music, digabungkan dengan atmosfir destinasi hijau nan asri yang dimiliki Bumi Parahyangan,” kata Taufik di Saung Ujo jalan Padasuka kota Bandung, Selasa (17/9/2019).

Taufik menjelaskan, festival music Rawayan akan menampilkan gramatika musik rakyat (folk), yang ditampilkan di panggung modern.

“Format pertunjukkannya, umum dan terbuka tidak dalam konteks ritual atau tradisi,” ujarnya.

Rawayan sendiri lanjut Taufik memiliki arti sebagai jembatan penghubung, yang berasal dari Bahasa urang Baduy.

Dalam
konteks festival musik ini, Rawayan ditafsirkan sebagai “Penghubung Budaya” berbasis kultural, dengan menanamkan nilai-nilai lingkungan hidup serta kearifan lokal yang dimiliki tanah Sunda.

Menurutnya, menjembatani dan menghubungkan kearifan lokal yang ada di Jawa Barat khususnya budaya Sunda dengan dunia milenial dan dunia internasional, adalah salah satu cara untuk mengembangkan ekosistem masyarakat dalam beberapa aspek.

“Dalam Rawayan ini kami mengharmonikan hubungan kearifan lokal dengan dunia internasional, agar tercipta
berita baik kepada dunia dan perkembangan ekosistem masyarakat khususnya masyarakat disekitar
Kebon Udjo yang signifikan,” imbuhnya.

Menurut PR Saung Angklung Ujo, Robby Murfi, RAWAYAN West Java World Music Festival dimeriahkan dengan
berbagai kegiatan seperti Program Konservasi Kebon Udjo
Area konservasi Kebon Udjo, intimate music concert, seni instalasi, pasar rakyat, pintonan seni kolaborasi dan workshop interaktif.

Penampil yang akan mengisi Rawayan antara lain Hannah Sanders & Ben Savage dari Inggris dan Yu Feng dari Taiwan serta sejumlah artis dari Jawa Barat diantaranya Ega Robot & Ethnic Percussion, Samba Sunda, Mery Jane dan West Java Syndicate. (Ida)

Bagikan: