Sederet Wajah Anak Muda Berprestasi, Mengisi Kabinet Mahathir



Beritainspiratif.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menunjuk 28 nama yang akan duduk di kabinet pemerintahannya nanti.

Meski rela tak libur untuk menggodok formasi kabinet pemerintahannya itu, terdapat nama Muhyiddin Yassin dan Mohamad Sabu, yang kembali ditunjuk untuk mengisi jabatan menteri.

Termasuk didalamnya istri Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail, yang menjadi wakil perdana menteri.

Dari 28 nama Menteri yang ditunjuk dalam susunan kabinet tersebut, terdapat sederet wajah anak muda, namun tak perlu diragukan lagi dalam urusan prestasinya, dilansir kumparan.com mereka adalah :

1. Syed Saddiq Bin Syed Abdul Rahman

Menteri Pemuda dan Olahraga Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang menemani Presiden Joko Widodo saat meninjau persiapan Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7).

Pria 25 tahun itu disumpah sebagai Menpora ke-18 Malaysia di hadapan Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V, Senin (2/7). Dalam pidatonya, Syed memang bertekad untuk menggerakkan anak-anak muda agar berkontribusi memajukan Malaysia.

Bicara prestasi, pria kelahiran 6 desember 1992 ini, menyabet tiga kali penghargaan Asia's Best Speaker di kejuaraan debat Asian British Parliamentary (ABP).

Mahathir memang mengenal Syed sudah agak lama. Dulu, Syed pernah menjadi ahli riset untuk Mahathir.

Anak muda lulusan hukum di Universitas Islam Internasional Malaysia (UIAM) itu, juga bekerja sebagai dosen paruh waktu untuk kelas public speaking, peneliti di Pemda Johor pada 2016, serta pelatih debat di UIAM.

Sedangkan Kemunculan Syed di ranah politik Malaysia dimulai sejak ia bergabung di Partai Pribumi Bersatu Malaysia pada 2016 dan menjadi calon legislatif untuk Kota Muar, Johor. Dia mengalahkan petahana dari Partai Barisan Nasional, Razali Ibrahim.

2. Yeo Bee Yin

Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Lingkungan, Yeo Bee Yin, adalah seorang insinyur andal. Perempuan berusia 35 tahun tersebut, mengenyam pendidikan di Universitas Teknologi Petronas, dan meraih gelar first-class honour di bidang Teknik Kimia.

Sebelum menjabat menteri, Yeo bekerja di berbagai perusahaan. Salah satunya, perusahaan minyak dan gas bumi asal Amerika Serikat, Schlumberger.

Peraih beasiswa Gates Cambridge Scholarship itu, melanjutkan studi S2 bidang Advanced Chemical Engineering di Cambridge University.

Yeo lalu terjun ke dunia politik saat berusia 29 tahun. Waktu Pemilihan Umum ke-13 Malaysia (GE13), Yeo terpilih sebagai Majelis Perempuan untuk Damansara Utama pada 5 Mei 2013 dengan perolehan suara tertinggi, yakni 30.689 suara. Bahkan saat itu, Yeo menjadi anggota termuda dari Majelis Legislatif Negara Bagian Selangor 2013-2018.

3. Isnaraissah Munirah

Wakil Menteri Tenaga, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Alam Sekitar Malaysia, Isnaraissah Munirah, adalah lulusan terbaik teknik listrik Universiti Malaysia Sabah (UMS). Perempuan 36 tahun itu mulai terjun ke politik pada 2011.

Isnaraissah, yang pernah memimpin Partai Warisan Sabah (Warisan), memenangkan kursi parlemen Kota Belud setelah mengalahkan mantan Menteri Komunikasi dan Multimedia Datuk Seri Salleh Said Keruak dalam Pemilihan Umum ke-14 (GE14).

Ayah Isnaraissah, Majlis Tanggau, sangat bangga terhadap putrinya yang dipilih oleh Mahathir. Menurutnya, saat ini, Isnaraissah dan anak-anak muda di jajaran kabinet, seakan membuka kesempatan generasi muda lain untuk ikut menyumbangkan pikiran.

4. Teo Nie Ching

Wakil Menteri Pendidikan Teo Nie Ching memang terlahir dari keluarga politikus. Dia sempat menjadi anggota Parlemen untuk Kulai dan pernah berkecimpung di partai oposisi sosialis demokratis di Malaysia.

Dikutip dari The Star, Teo, adalah perempuan 37 tahun yang sangat menikmati kesibukannya. Menurutnya, meski ia memiliki tanggung jawab tinggi, Teo tak boleh meninggalkan kehidupan pribadinya.

Bagi saya, penting untuk mencapai keseimbangan dan memiliki waktu pribadi Anda sendiri sehingga Anda dapat menikmati, bersantai, dan mengisi ulang (waktu)," tutur Teo.

5. Steven Sim Chee Keong

Pria yang lahir pada 13 Mei 1982 ini, ditunjuk mendampingi Syed menjadi wakil Menpora. Steve, adalah seorang ahli politik Malaysia dari Partai Tindakan Demokratik (DAP) dan Ahli Parlimen untuk Bukit Mertajam.

Pada Januari 2011, Sim dilantik sebagai anggota Dewan Majelis Perbandaran Seberang Perai.

Di sela-sela kesibukannya, Sim juga aktif menuliskan tajuk-tajuk opini di berbagai portal berita. Pada 2012, Sim pernah terpilih menjadi Pemimpin Muda Global Forum Ekonomi Dunia.

Yanis

Berita Terkait