Sebelum Peningkatan  Kualitas Jalan, Pohon Pengganti Ditanam Dahulu



Cirebon, Beritainspiratif.com – Sejumlah pohon yang ditanam di atas trotoar di ruas Jalan Wahidin Kota Cirebon merupakan pohon pengganti. Trotoar pengganti juga akan dibangun di atas dranaise sebagai bagian dari peningkatan kualitas jalan yang akan dilakukan tahun ini.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Cirebon, Hanry David, mengakui adanya penanaman pohon di trotoar yang ada di ruas jalan Wahidin Kota Cirebon mereka yang laksanakan.

“Tanaman baru itu berfungsi sebagai pengganti sejumlah pohon yang nanti akan ditebang,” ungkap David.

Sehingga sebelum pohon yang lama ditebang, pohon yang baru sudah ditanam terlebih dahulu. Sedangkan fungsi trotoar, menurut David tidak akan hilang. Karena nantinya trotoar akan dibangun di atas saluran drainase.

Kondisi tersebut, lanjut David merupakan bagian dari peningkatan kapasitas jalan yang akan dilaksanakan tahun ini. “Sekarang ini peningkatan kapasitas jalan tidak hanya jalan saja, tapi juga trotoarnya, drainase, taman dan lainnya,” kata David.

Apa yang dilakukan di jalan Wahidin, tepatnya di depan SMA 1 dan SMA 6 kota Cirebon tersebut merupakan bagian dari yang akan dilaksanakannya peningkatan kapasitas jalan tersebut.

Dana peningkatan kapasitas jalan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Tahun ini peningkatan kualitas jalan dilakukan di 5 titik masing-masing di Jalan Wahidin, Jalan Karanggetas, Jalan Ciremai Raya, Jalan Evakuasi, dan Jalan Drajat. Pengerjaannya akan dilakukan mulai triwulan kedua.

Selanjutnya David menambahkan jika DPUPR memiliki sejumlah program unggulan mulai 2018 hingga 2023. Dimulai dari penataan jalan dan trotoar, penataan Sungai Sukalila dan penertiban PKL yang ada di sepanjang sungai tersebut.

“PKL akan dibuatkan shelter di Pasar Mambo,” ungkap David.

Dengan begitu, Kota Cirebon akan tampak lebih menarik lagi untuk didatangi wisatawan.

YoC

Berita Terkait