Sebabkan Kemacetan, Pemkot Bandung Bakal Pindahkan Pasar Kordon



Bandung, Beritainspiratif.com - Untuk mengurangi tingkat kemacetan di kawasan Buahbatu-Margacinta, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui PD Pasar berencana merelokasi Pasar Kordon. Lokasi alternatif yang dipilih oleh PD Pasar berlokasi tidak jauh dari Pasar Kordon yaitu ke Jalan Puskesmas yang lahannya sudah menjadi milik PD Pasar.

Ditemui saat melakukan peninjauan Pasar Kordon, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, saat ini luas Pasar Kordon sekitar 1300 meter persegi. sementara lokasi yang baru lebih luas kurang lebih 4500 meter persegi dan tidak terlalu jauh dari lokasi semula.

"Kebetulan PD Pasar punya lahan yang tidak jauh dari Pasar Kordon, dan Kita hari ini melakukan peninjauan apakah bisa dibangun pasar, sehingga kalau memungkinkan, aktivitas pasar ini bisa di pindahkan. Harapannya bisa mengurai kemacetan di sekitar Pasar Kordon ini," katanya usai meninjau lokasi alternatif pemindahan Pasar Kordon, Senin (3/2/2020).

Dijelaskannya, saat ini ada 264 Pedagang yang menempati Pasar Kordon. Dengan pasar yang akan dibangun, para pedagang bisa menempati tempat yang lebih baik. Jika dengan selasar lebih luas dan sirkulasi yang cukup baik.

"Kalau yang sekarang (pasar) itu milik swasta. Jadi untuk pemindahan ini minimal sudah ada lahan yang disiapkan," ucapnya.

Menurutnya, disamping menjadi penyebab kemacetan, alasan lainnya yaitu Pasar Kordon karena sudah tidak bisa dikembangkan lagi. 

"Pasar ini cukup sulit untuk untuk kita kembangkan. Mudah-mudahan bisa direalisasikan. Soalnya tidak terlalu jauh dari jalan utama," katanya.

Terlebih, sekarang ini eksisting pedagang sekitar 264 di luas lahan 1500 bagi Yana untuk sisi sirkulasi pun kurang baik.

"Rasanya kalau nanti kita bangun selasar yang lebih dengan sirkulasi yang lebih baik harusnya mungkin cukup. Suasana pasar pun akan nyaman baik bagi pedagang maupun pembeli," pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait