SEA Games 2019 : Bio Farma Beri Vaksin Polio Untuk Kontingen Indonesia



Bandung,Beritainspiratif.com - Menjelang pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 30 November 2019 mendatang, atlit dan official kontingen Indonesia mendapat vaksin polio dari Bio Farma.

Rilis dari Bio Farma menyebutkan, Vaksin Inactivated Polio Vaccine (IPV) diberikan kepada 1.500 atlit dan official, yang akan berlaga di Filipina.

Direktur Pemasaran, Penelitian dan Pengembangan I Bio Farma, Sri Harsi mengatakan
pemberian vaksin ini untuk mencegah penularan wabah polio tipe 2, yang saat ini mewabah di Filipina sejak September 2019 lalu.

"Ini merupakan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa semua orang yang berkunjung ke suatu negara dengan status terkena wabah polio, harus mendapatkan vaksinasi polio dan menjaga cakupan imunisasi rutinnya untuk meminimalisir masuknya wabah virus polio," ujar Sri.

Selain itu, kata Sri Harsi pemberian vaksin IPV merupakan salah satu bentuk dukungan Bio Farma kepada duta olahraga, yang akan berlaga di Filipina pada 30 November - 11 Desember 2019.

'Sebagai BUMN, kami hadir untuk negeri, dalam bentuk memberikan perlindungan kepada para atlet dan official Sea Games 2019," lanjut dia.

Sri Harsi menambahkan pemberian vaksin akan dibagi menjadi beberapa gelombang, berdasarkan keberangkatan kontingen ke negara yang beribukota di Manila itu.

Untuk kelompok pertama, akan diberikan kepada 76 anggota kontingen dari cabang olahraga Sepakbola U-22 pada tanggal 8 November 2019 di Jakarta. Sehingga saat tiba di Manila, kekebalan para kontingen dari wabah polio sudah terbentuk.

Menurut Kepala Divisi Penjualan Domestik Bio Farma Tedi Herawan, untuk memenuhi kebutuhan pemberian vaksin seluruh kontingen Indonesia, Bio Farma menyiapkan 375 vial vaksin IPV 5 dosis.

“Seluruh kebutuhan vaksin tersebut, sudah kami distribusikan ke KKP Kelas I di bandara Soekarno-Hatta, melalui distributor resmi kami dan akan diberikan kepada atlit dan official sesuai dengan jadwal keberangkatan mereka menuju Filipina”, ujar Tedi. (Ida)

Berita Terkait