Satgas Waspada  Investasi Imbau Masyarakat untuk Mewaspadai 6 Entitas Ini



Cirebon, Beritainspiratif.com - Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi kembali mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penawaran produk atau kegiatan usaha dari 6 entitas yang telah dipantau dan diidentifikasi oleh Satgas Waspada Investasi pada bulan Mei 2018.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan imbauan tersebut dikeluarkan karena entitas tersebut tidak memiliki izin usaha pemasaran produk dan penawaran investasi sehingga berpotensi merugikan masyarakat karena imbal hasil atau keuntungan yang dijanjikan tidak masuk akal.

Untuk terus memberikan perlindungan kepada konsumen dan masyarakat, Satgas Waspada Investasi mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap penawaran dan produk dari 6 (enam) entitas ini, dengan kegiatan:

No Nama Entitas Lokasi Kantor Pusat Kegiatan Usaha Yang Dihentikan

1. PT Medussa Multi Business Centre Tour & Travel (MMBC Tour & Travel) lokasi kantor di Jakarta kegiatan usaha yang dihentikan yakni Sistem keagenan dan waralaba tanpa izin

2. PT Arafah Tamasya Mulia, lokasi kantor si Balikpapan kegiatan usaha yang dihentikan Travel umrah tanpa izin

3. PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST)/ Sinergy World/ Eco Racing lokasi kantor, Bandung kegiatan usaha yang dihentikan Penjualan paket usaha produk Eco Racing (produk untuk meningkatkan oktan bahan bakar minyak), LVN Series (produk kecantikan), dan Kopi EcoMaxx secara multi level marketing tanpa izin

4. PT Duta Bisnis School/PT Duta Future International lokasi kantor Bandung kegiatan usaha yang dihentikan Edukasi dan penjualan pulsa secara multi level marketing tanpa izin

5. PT Bes Maestro Waralaba/ Klik & Share / www.klikshare.co.id/ lokasi kantor Bandung, kegiatan usaha yang dihentikan yakni Jasa periklanan secara multi level marketing tanpa izin

6. GainMax Capital Limited/ Gainmax.co.uk/ gainmaxcapital.blogspot.co.id/ lokasi kantor Inggris kegiatan usaha yang dihentikan Perdagangan forex dan investasi tanpa izin.

Kegiatan perusahaan tersebut selama ini sudah menjadi perhatian dan pemantauan Satgas Waspada Investasi berdasarkan informasi yang disebarkan perusahaan dan pengaduan masyarakat. Satgas Waspada Investasi secara cepat merespon informasi tersebut untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Satgas telah mengundang perusahaan-perusahaan tersebut dan mendorong entitas tersebut untuk mengurus perizinannya sesuai ketentuan perundang-undangan. Seluruh instansi terkait telah berkomitmen untuk memperlancar proses perizinan kegiatan usaha tersebut sepanjang telah memenuhi persyaratan.

Satgas Waspada Investasi meminta kepada masyarakat selalu berhati-hati dalam menggunakan dananya terutama menjelang hari raya Idul Fitri. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risiko yang akan diterima.

Satgas Waspada Investasi secara berkesinambungan melakukan tindakan preventif berupa sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat terhindar dari kerugian investasi ilegal.

Peran serta masyarakat sangat diperlukan, terutama peran untuk tidak menjadi peserta kegiatan entitas tersebut dan segera melaporkan apabila terdapat penawaran investasi yang tidak masuk akal. Penanganan yang dilakukan oleh Satgas Waspada Investasi ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat yang telah menyampaikan laporan atau pengaduan.

Informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dapat diakses melalui Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

(Yones)

Berita Terkait