"Sarapan Pagi" Hari Jumat dengan Alkahfi



Bandung, Beritainspiratif.com -

Mengutip laman Seruni bahwa ada amalan istimewa yang disarankan untuk dikerjakan pada hari jum’at yaitu membaca Surat Al-Kahfi.

Hal hal semacam ini didasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi seperti di layaknya turunkan, jadi ia bakal memperoleh sinar dari tempat ia berdiri sampai Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, lalu keluar Dajjal, jadi ia tidak akan dikuasai dajjal.

Ada banyak hadist tentang keutamaan serta faedah surat Al Kahfi, diantaranya :

Pertama : Membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat bakal terlepas dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang bakal keluar di akhir jaman akan membuat kerusakan di bumi serta menyebarkan fitnah pada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda kalau rajin membaca surat ini pada hari jumat akan terlepas dari fitnah itu.

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, Dajjal tak dapat memudharatkannya, ” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca Surah Al-Kahfi, jadilah baginya sinar dari kepala sampai kaki serta siapa yang membaca keseluruhannya,  jadilah baginya sinar pada langit serta bumi, ” (HR Ahmad).

Kedua : Membaca Al Kahfi pada hari Jumat yaitu memperoleh pengampunan dosa diantara dua Jumat. Dalam kisah lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, akan memancar sinar dari bawah kakinya hingga ke langit, akan meneranginya nanti pada hari kiamat, serta diampuni dosanya pada dua jumat. ”

Ketiga : Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat akan memperoleh pancaran sinar diri.

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi saat malam Jum’at, akan dipancarkan sinar antara dia dengan Baitul ‘atiq. ” (HR Al-Hakim)

Ke empat : Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal dijelaskan kalau Tempat tinggal yang dibacakan surah al-Khafi serta al Baqarah tidak akan dimasuki setan selama malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi saat malam Jum’at, hari Jum’at, serta mulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Peluang ini selesai hingga terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

(Kaka)

Berita Terkait