Samsat J'Bret, Ini Layanannya



Bandung, Beritainspiratif.com - Jawa Barat meluncurkan inovasi baru dalam layanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara elektronik.

Layanan tersebut diberi nama Samsat Jawa Barat Ngabret atau Samsat J'Bret.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat Hening Widiatmoko mengatakan, layanan PKB secara elektronik ini, merupakan yang pertama di Indonesia.

"Ini jadi contoh bagi ksbupaten/ kota dan provinsi di Indonesia, bagaimana dunia digital mempermudah layanan publik termasuk perijinan," kata Hening di sela peluncuran Samsat J'Bret di halaman gedung Sate kota Bandung, Senin (28/1/2019).

Dikatakan Hening, layanan publik secara digital ini sejalan dengan program pemprov Jawa Barat untuk menjadi provinsi digital.

"Gubernur (Ridwan Kamil) menginginkan Jabar jadi contoh provinsi digital. Salah satunya layanan publik jadi lebih mudah, karena dilakukan secara digital," ujarnya.

Ini lima layanan Samsat J'Bret :

  1. Pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui Teller Bank bjb;
  2. Pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui Financial Technologi (Fintech) Industri Startup seperti Tokopedia, Kaspro, Bukalapak, melalui Payment Point Online Bank (PPOB) dan melalui Gerai Modern seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret;
  3. Elektronik Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (e-SKKP);
  4. Pencetakan Validasi Pengesahan STNK secara Elektronik (e-Sah) melalui aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA); dan
  5. Pengesahan STNK oleh Unit Lantas Polsek di seluruh daerah hukum Polda Jabar dengan Pemindaian QR Code melalui Aplikasi SAMBARA.

Berita Terkait