Samsat J’bret, Empat Bulan Diluncurkan Penerimaan PKB Capai Rp52 miliar

Bandung, Beritainspiratif.com – Dalam empat bulan pertama sejak program Samsat J’bret (Samsat Jabar Ngabret) diluncurkan, penerimaan Jawa Barat dari pajak kendaraan bermotor (PKB) menunjukkan hasil cukup tinggi.

Inovasi yang dilaunching Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ahir Januari 2019 lalu, untuk memudahkan warga dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di wilayah Polda Jabar.

Pembayarannya dapat dilakukan melalui gerai modern (Alfamart & Indomart), Financial Technology (Kaspro) dan e-commerce (Bukalapak & Tokopedia).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) prov. Jawa Barat Hening Widiatmoko mengatakan sebelum Samsat J’bret, Jawa Barat telah meluncurkan program layanan e-Samsat. Namun program layanan yang dilakukan bekerjasama dengan bank melalui ATM ini, kurang diminati masyarakat.

Berbagai kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, secara bertahap akan mengurangi layanan konvensional di kantor-kantor Samsat.

“Kondisi ini memberikan warna baru, bahwa kita sudah memasuki era digital,” imbuhnya.

Menurut Hening Widiatmoko, penerimaan PKB dalam empat bulan terahir, mencapai Rp104 miliar.

“Samsat J’bret, memberikan kontribusi Rp52 miliar. Pembayaran paling besar dilakukan melalui Tokopedia Rp23 miliar sedang Bukalapak Rp7,8 miliar,” katanya.

Ia menambahkan, potensi penerimaan dari PKB cukup besar. Saat ini di Jawa Barat tercatat ada 16,7 juta kendaraan bermotor, namun sekitar 35% kendaraan tidak melakukan daftar ulang.

Hal itu antara lain karena kendaraan rusak, hilang, rubah bentuk dan leasing kendaraan ditarik oleh dealer karena kredit macet tapi tidak dilaporkan.

“Kami akan melakukan pembersihan/ penertiban data, sehingga diketahui mana yang memang harus ditagih. Dan sebagian dari kendaraan tersebut ada di pelosok daerah,” paparnya.

“Kita akan bekerjasama dengan BUMDes. Lima daerah sudah bekerjasama dengan BUMDes yaitu Kabupaten Ciamis, Cirebon, Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Para wajib pajak kendaraan bermotor, dapat nembayar pajak tahunan ke BUMDes yang bekerjasama dengan bank Bjb melalui PPOB (Payment Point Online Bank),” pungkas Hening. (Ida)

Bagikan: