Sampaikan Aspirasi Mahasiswa Papua Longmarch ke Makodam III Siliwangi

Bandung,Beritainspiratif.com – Ratusan mahasiswa papua yang ada di Bandung menggelar aksi unjuk rasa Selasa (27/8/2019).

Mereka dalam aksinya menyampaikan sejumlah tuntutan sambil berjalan kaki dimulai dari Asrama Papua di Jl Cilaki Kota Bandung, mereka  bergerak menelusuri Jalan menuju Markas Komando Militer (Makodam) III Siliwangi di Jalan Aceh untuk melakukan orasi namun aparat keamanan melarangnya sehingga terjadi dialog diantara dua belah pihak.

Massa juga sempat diijinkan menggelar orasi didepan Porlestabes Bandung,  tetapi tetap ditolak, sempat terjadi keriyuhan saat menerima penolakan. Akhirnya massa melanjutkan aksinya ke Gedung Merdeka Asia Afrika.

Beberapa massa yang berorasi menggunakan pakain adat papua, sepanduk, serta tubuh yang di gambar bintang kejora.

Dalam orasinya, mahasiwa Papua mengutuk perlakuan negara melalui TNI dan Porli yang selama ini berlaku represif terhadap mahasiwa dan masyarakat Papua. Mereka mengatakan bahwa sejak 2016 kami menggelar aksi kami selalu mendapatkan perlakuan represif dari anggota TNI dan Polri.

Perlakuan yang represif ini dilakukan selama puluhan tahun sehingga mahasiswa dan masyarakat Papua bereaksi keras. Salah satu akibatnya adalah kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Fakfak Papua pada Rabu (21/8/2019) lalu.

Massa membubarkan diri pukul 15:40 WIB dengan kembali berjalan kaki ke Asrama.

Selain itu, mereka juga meminta agar aparat kepolisian tidak mendekati asrama dengan jarak sedikitnya 500 meter. . (mugni)

Bagikan: