Sambangi UPI Cibiru, Presenter Net Tv Paparkan Kiat Sukses Jadi Pembicara



Bandung, Beritainspiratif.com - Menjadi terkenal dengan karya-karya positif tentu menjadi dambaan banyak orang, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk jadi terkenal adalah menjadi seorang public speaker atau pembicara di muka umum

Hal tersebut diungkapkan presenter Net TV Caesar Gunawan saat mengisi seminar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kampus Cibiru pada Minggu (4/11/2018).

Dalam seminar yang mengusung tema "Change The World By Being a Good Speaker and Producing Creative Works" Caesar mengatakan semua orang berhak menjadi terkenal tentu dengan cara yang positif.

"Saya yakin semua yang ada di sini bisa menjadi salah satu public speaker di 18 stasiun televisi yang ada di Indonesia bukan tidak mungkin asal semua mau berusaha dan kerja keras," jelasnya.

 

Caesar menjelaskan, yang pertama kali dilakukan untuk menjadi seorang pembicara adalah menjadi diri sendiri sehingga bisa tampil di depan umum secara jujur.

"Dalam dunia public speaking bukan berarti tidak boleh meniru, boleh mengambil yang baik dari seorang public figure, tapi kita tidak boleh kehilangan jati diri kita sendiri karena itu berpengaruh pada kualitas dan ciri khas saat kita berbicara di muka umum," lanjut Caesar

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah menjadi seorang pembicara dimuka umum adalah harus mampu menyembunyikan dialek-dialek bahasa daerah.

"Saat kita menjadi pembicara di depan umum baik di TV maupun dalam acara-acara lainnya, kita tidak boleh memperlihatkan dialek daerah tertentu karena kita berbicara dengan bahasa persatuan bahasa Indonesia," tambahnya

Selain itu membaca berita setiap hari dan melakukan diskusi dengan teman sejawat sangat perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan kita dan mengetahui seberapa besar kualitas kita dalam berbicara.

"Selain menguasai kemampuan berbicara secara teknis yang perlu dilakukan seorang pembicara adalah pengetahuan yang luas agar bisa membahas apapun,"ungkapnya.

Caesar, menambahkan peluang pekerjaan bagi seorang pembicara bukan hanya dalam bidang televisi saja menurutnya semua bidang profesi membutuhkan seni keahlian berbicara

"Peluang kerja seorang pembicara sangat luas bisa itu guru bisa itu pengacara bisa itu presenter bisa itu akademisi dan profesi lainnya membutuhkan keahlian dalam berbicara di muka umum," katanya.

Iya berpesan bahwa pembicara di era sekarang sangat harus hati hati, pasalnya jika ada kesalahan, maka akan langsung mendapat konsekuensi dari audience.

"Menjadi pembicara hari ini harus sangat hati-hati harus banyak persiapan karena kalau salah akan langsung diviralkan dan mengundang komentar negatif para netizen," tandasnya.     (Tito)

Berita Terkait