Salut TNI AU..! Disaat ‘Work From Home’ Mereka Harus Terbang ke China Jemput Obat Corona

Jakarta, Beritainspiratif.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China untuk mengangkut logistik kesehatan yang telah dibeli oleh Pemerintah RI melalui Kemhan RI.

Sesuai surat permohonan Menhan RI Prabowo Subiyanto, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu (21/3/2020) seperti dilansir Dispenau.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB menuju Lanud RSA di Ranai Natuna.

Setelah isi bahan bakar, tepat pukul 11.40 WIB take off dari Ranai melanjutkan penerbangan menuju China.

Adapun rute penerbangan adalah : Malang-Natuna-Hainan-Shanghai. Sebanyak 20 kru pesawat dan pendukung beserta 2 personel dari Kemhan RI turut serta dalam misi ini.

A-1333 melakukan dua kali transit (short stop) di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di tujuan utama yaitu Bandara Pudong di Shanghai.

Sedangkan logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah diperkirakan seberat kurang lebih 9 ton. Jika tidak ada halangan, diharapkan hari Senin (23/3/2020) pesawat akan tiba di tanah air.

Sementara itu Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut itu sebuah tugas yang mengharukan.

“TNI AU memberangkatkan 2 pesawat untuk membeli obat Corona ke negeri seberang. Mengharukan,” kata Mahfud dalam twitter pribadinya, yang dilihat Minggu (22/3/2020).

Mahfud menyebut itu tugas yang mengharukan. Menurutnya, di saat rakyat Indonesia diminta pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, sedangkan personel TNI itu diminta pergi jauh dari rumah untuk mencari obat Corona.

“Demi kebaikan, mari kompak, bersama mengikuti arahan pemerintah untuk social distancing,” katanya.

Video yang Dilansir Kompas TV:

Yanis

Bagikan: