SALAM CORONA Mulai Diperkenalkan



Jakarta, Beritainspiratif.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenalkan salam corona sebagai alternatif jabat tangan di tengah virus corona yang tengah mewabah di Indonesia. Ma'ruf memperkenalkan salam itu saat membuka Musyawarah Nasional V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB, Rabu (11/3/2020) kemarin, yang dilansir Antara.

Ma'ruf sendiri meminta maaf karena tak berjabat tangan dengan orang yang ditemuinya dalam Munas Adeksi. Ia mengaku dilarang berjabat tangan demi mencegah penularan virus corona.

Sejak dikenalkan Ma’ruf Amin tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan eks wakil presiden Jusuf Kalla,  keduanya sontak melakukan salam corona yang dikreasi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pada saat menghadiri pertemuan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (12/3).

Salam corona ini mempertemukan sikut kedua pihak.

Menteri BUMN dan Kepala BNPB Salam Corona

Salam tersebut tidak menggunakan telapak tangan seperti pada umumnya orang bersalam-salaman. Salaman ini dipercaya mencegah penularan virus corona.

Salam corona sempat diunggah JK ke akun Instagram pribadinya, yaitu @jusufkalla. Di foto tersebut, keduanya tampak senyum semringah bersalaman corona.

Kepala Staf Staf Kepresidenan Moeldoko pun menilai salam siku tersebut bagus. Jabat tangan dinilai tidak aman di situasi seperti ini, maka salam siku atau elbow bump greeting dinilai lebih aman.

"Ya saya pikir itu cara bagus karena intinya kita sama-sama tidak tahu kalau memasuki area. Kalau salaman ada risiko, tapi kalau dengan cara-cara begini nggak ada yang tersinggung walaupun agak lucu-lucuan, tapi itu bagus," ujar Moeldoko di di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (12/3). ***

Berita Terkait