Saat Api Obor Asian Games Tiba di Bandung Panitia Gelar Pawai 10 Kilometer



Bandung, Beritainspiratif.com - Api obor Asian Games 2018 dijadwalkan tiba di Bandung pada Sabtu, 11 Agustus 2018. Rencananya panitia akan menggelar pawai sejauh 10 kilometer setelah api obor tersebut tiba di Bandung.

Dikutip dari Liputan6.com, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah mengungkapkan, api obor akan diberikan dari Kabupaten Purwakarta. Lalu obor tersebut akan diterima di pintu keluar tol Pasteur dan berakhir di Gedung Sate.

Dan rencananya api obor tersebut akan diterima Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

" Akan ada prosesi penerimaan api dan semacam bentuk kesenian. Rute maksimal adalah 10 kilometer.

Usai diterima Oded, api obor akan mulai diestafetkan kepada 20 pembawa obor dari perwakilan atlet, pemerintah, dan swasta. Masing-masing pembawa obor akan menempuh jarak 500 meter hingga akhirnya tiba di Gedung Sate dan disampaikan kepada legenda bulu tangkis, Taufik Hidayat kepada Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan.

Selain Taufik, rencananya sederet legenda olahraga asal Kota Bandung pun akan turut terlibat di antaranya Riki Subagja, Djajang Nurjaman, dan sprinter peraih medali emas SEA Games, Supriatni Sartono. Adapun peserta pembawa obor di antaranya Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto, dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Dodi memastikan kegiatan itu akan menghambat aktivitas masyarakat di rute yang dilalui pawai. Ia pun telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

"Ini yang sedang kita pikirkan karena ini menyangkut rangkaian yang cukup panjang, saya akan coba diskusi dengan Satlantas dan Dishub dan juga Jasa Marga," tambah dia.

Adapun rute pawai obor Asian Games 2018 di Kota Bandung sesuai ketentuan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc)ini bakal dimulai dari exit tol Pasteur - Toko Juno 2 - Dealer Kia/Auto 2000 - Warung CHOS - ATM mandiri Jalan Surapati - Ibis Pasteur - Multi Perpose - Landmark Surapati - JNE cikajang - PT Dirgantara Yudha Arhta - Taman Telkom - Jalan Sirgaperbansa - Taman Gazibu - Gedung telkom - Air Mancur - Masjid Al-Mutaqin - Museum Pos Indonesia - Jalan cimandiri - Jalan Cimalaya - Gedung Sate.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Kota Bandung, Aswin Sulaeman mengatakan, pihaknya akan mengiringi perjalanan para pembawa obor dengan beragam pertunjukan kesenian daerah.

"Kami akan siapkan penyambutan di pintu gerbang tol Pasteur, di situ ada prosesi sebentar," kata dia.

Dengan adanya penyambutan, ia berharap masyarakat dapat mengetahui adanya kegiatan Asian Games. "Idenya orang yang datang ini tahu bahwa Bandung punya khas kebudayaan dan seni yang dimunculkan. Ada tarian khas seperti tari Merak," ujarnya.

YoC

Berita Terkait