Rusun Pertama Mahasiswa Unpad Diresmikan Menteri PUPR di Jatinangor

Jatinangor, Beritainspiratif.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono bersama Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., meresmikan Rumah Susun untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran di kampus Jatinangor, Sabtu (1/2/2020).

Rektor menjelaskan, Rumah Susun Unpad merupakan program hibah dari Kementerian PUPR RI yang dibangun sejak 2018 lalu. Bangunan yang memiliki 4 lantai ini memiliki 50 unit kamar dengan tipe 24 dan berkapasitas 4 orang per kamar.

“Rumah susun ini diajukan pada 2017 dengan dasar bahwa kami membutuhkannya. Dibangun pada 2018, lalu selesai pada 2019,” kata Rektor.

Rumah susun ini sangat menunjang pendidikan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Hadirnya rumah susun ini menjadikan mahasiswa tidak perlu khawatir untuk mencari tempat tinggal.

“Ini yang pertama dibangun di Unpad. Tentunya, karena ini dibiayai APBD, kami akan merawatnya sebaik mungkin. Harapannya, tidak hanya satu ini saja. Karena kami keluarga besar, kurang lebih ada 38 ribu mahasiswa di sini,” tutur Rina yang dilansir laman resmi Unpad.

Sejak pertengahan 2019, rumah susun ini sudah dihuni oleh sejumlah mahasiswa jenjang Sarjana.

Rektor mengatakan, penghuni rumah susun ini diutamakan untuk mahasiswa yang membutuhkan bantuan akomodasi tempat tinggal dan sejak pertengahan 2019, sudah dihuni oleh sejumlah mahasiswa jenjang Sarjana.

“Kami utamakan bagi mahasiswa penerima Bidikmisi,” imbuhnya.

Rektor juga berharap, Kementerian PUPR dapat membantu peningkatan fasilitas kampus lainnya, seperti perbaikan jalan maupun penyediaan ruang dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, penyediaan hunian bagi mahasiswa merupakan salah satu amanat Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR. Tujuannya agar proses pembelajaran mahasiswa dapat berjalan dengan baik.

“Fasilitasnya akan kami perbaiki. Namun pengelolaannya harus hati-hati,” ujarnya.

Selain rumah susun bagi mahasiswa, pemerintah akan memfasilitasi kawasan pendidikan dengan air bersih melalui embung (danau) dengan tambahan regulator. Air tersebut laik diminum.

“Kita akan menyediakan air bersih yang langsung diminum. Mengurangi pengeluaran mahasiswa bisa langsung minum dari lagulator,” ujar Basuki

Basuki menitipkan kepada pihak kampus dan mahasiswa untuk merawat rumah susun tersebut.

“Harus dirawat dengan baik, dijaga kebersihannya,” ucap Basuki.

Basuki mengatakan pembangunan rumah susun sebagai fasilitas pendidikan ini sudah dibangun di beberapa universitas negeri lainnya yaitu ITB, UI, UGM dan UPI.

Usai peresmian, Basuki didampingi Rektor berkesempatan meninjau sebagian interior rumah susun dan bertemu dengan perwakilan mahasiswa. Selanjutnya, Basuki melihat lokasi lahan dan laboratorium pertanian di area kampus Jatinangor, serta menjadi tamu undangan pada acara Reuni Akbar Fakultas Hukum Unpad.

Yanis

Bagikan: