Rumah Batu yang Terinspirasi dari Situs Warisan Dunia UNESCO

Jakarta, Beritainspiratif.com – Arsitek asal Shanghai, Amey Kandalgaonkar merancang konsep rumah yang berada di dalam batu besar. Konsep hunian dengan desain futuristik tersebut tampak seolah diselipkan ke dalam batu. Kandalgaonkar mengatakan, ia membayangkan menempatkan struktur rumah dengan cara memotong batu dan memasukkan lempengan beton.

Desain yang mencolok tersebut terinspirasi dari situs warisan dunia UNESCO yang bersejarah di Madain Saleh, Arab Saudi. Tempat ini dikenal dengan permukaan batu batunya yang diukir sebagai makam. Situs Madain Saleh di Arab Saudi(Collater.al) Kandalgaonkar terinspirasi oleh kuburan yang dipotong langsung ke formasi batuan.

Ia pun merancang desain rumah serupa dengan lempengan beton yang memotong batu di bidang vertikal dan horizontal. “Dengan mempertimbangkan kompleksitas bebatuan di Madain Saleh, sangat penting untuk menggunakan denah sederhana dengan bentuk kubus untuk untuk mencapai keseimbangan visual,” ujar Kandalgaonkar.

Setelah memasukkan rumah ke dalam batu, Kandalgonkar mencoba untuk menjaga dampak visualnya dari ketinggian mata seminimal mungkin dan hanya ketika diamati dari atas. -(Amey Kandalgaonkar ) Hanya dengan melihatnya dari atas, orang dapat memahami ukuran dan permukaan asli rumah di dalam batu.

Dilansir dari kompas.com, dari segi fasilitas, rumah tersebut rencananya dilengkapi dengan kolam renang tanpa batas yang menghadap ke lingkungan berbatu, beberapa dek, dan area luar ruangan. Meski masih berupa konsep, namun desain ini bisa menjadi insprasi bagi Anda yang ingin mencari desain rumah unik.

[Yanis]

Bagikan: