Riset Mahasiswa IPB Tanaman Paitan ini Mampu Kurangi Limbah Logam di Sungai

Bogor, Beritainspiratif.com – Ones dan rekan satu timnya Mahasiwa Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti RI) atas hasil riset mereka yang menunjukkan bahwa tanaman paitan mampu menurunkan logam berat timbal (Pb) hingga 73 persen.

Banyaknya sungai di Indonesia yang tercemar logam berat, diperlukan penanganan khusus untuk memerangi pencemaran itu. Salah satunya dengan cara menanam bunga Paitan di tepi sungai.

Dalam siaran pers IPB, Kamis (26/7), hasil penelitian tiga mahasiswa IPB, yakni Ones Putra Hulu, Rezeki Sirait, dan Martina Sihombing dari Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan, tanaman Paitan yang biasanya ada di pinggir jalan, bisa digunakan bioakumulator bagi logam berat.

Terinspirasi dari tanaman yang tumbuh di pinggir jalan, tumbuh rasa penasaran kami tentang apa manfaat tanaman tersebut. Lalu kami lakukan penelitian. Hasil penelitian mereka. membuktikan bahwa tanaman paitan memiliki khasiat sebagai bioakumulator,” terang Ones, Ketua PKM-P ini, yang dilansir kumparan.com

Kami berharap penelitian paitan dapat menambah pengetahuan masyarakat untuk lebih peduli pada sungai dan agar masyarakat lebih mengenal potensi paitan ini.

Untuk rencana ke depan kami ingin agar hasil penelitian kami ini dapat dipublikasikan ke jurnal, diikutkan kompetisi ilmiah, dan sebagai bahan penelitian lanjutan untuk memudahkan penggunaan paitan. Ones dan tim juga berharap inovasi ini bisa diproduksi secara komersial,” lanjut Ones.

Yanis

Bagikan: