Risa Santoso di Usia 27 Catatkan Rektor Termuda di Indonesia



Malang, Beritainspiratif.com - Risa Santoso diusia muda (27 tahun) dilantik sebagai Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang, pada Sabtu, (2/11/2019).

Risa tercatat sebagai rektor termuda di Indonesia, setelah sebelumnya tercatat rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Riki Saputra, yang menjadi rektor di usia 36 tahun pada bulan Februari 2019.

Risa mengaku terhormat dengan jabatan yang dipercayakan oleh pihak yayasan, kepada dirinya itu."Saya merasa terhormat, jadi rektor lumayan muda," ujarnya berdasarkan wawancara channel resmi Youtube ITB Asia Malang.

Menjadi rektor termuda, Risa ingin membuat sejumlah program yang lebih spesifik.

"Jadi nanti anak-anak tahu, setelah lulus mereka mau ngapain," katanya.

"Selain itu yang kecil-kecil, salah satunya menambah kecepatan wifi di kampus," imbuhnya.

Terkait viralnya dia di media sosial sebagai rektor termuda, dia mengatakan hal tersebut ada positif dan negatifnya."Semoga saja ini bermanfaat untuk kampus, itu saja harapannya,"ungkapnya.

Nama Risa Santoso mendadak jadi viral beberapa hari belakangan ini. Risa jadi terkenal setelah dilantik menjadi rektor termuda di Indonesia. Risa berusia 27 tahun.

Usianya yang masih muda mungkin membuat beberapa orang merasa takjub dengan kepandaiannya, namun ada juga yang mungkin berpikir dia belum siap.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa fakta tentang Risa Santoso, rektor termuda di Indonesia.

  1. Pendidikan

Di usia mudanya, Risa Santoso yang lahir di Surabaya pada 27 Oktober 1992 ini pernah menjadi mahasiswa dari universitas bergengsi di luar negeri. Risa sendiri kuliah S1-nya di University of California, Berkeley di bidang Ekonomi dari tahun 2012-2014.

Setelahnya dia kuliah S2 di Harvard University Graduate School of Education pada 2014-2015.

2. Pengalaman Organisasi

Perempuan berusia 27 tahun ini juga memiliki banyak pengalaman di bidang pekerjaan. Dia pun tercatat pernah mengikuti beragam pelatihan kerja dan semasa di kuliah.
Risa Santoso pernah menjadi anak magang di Perguruan Tinggi Asia, Malang selama tiga bulan.

Selain itu dia juga pernah mengikuti program menjadi tutor ekonomi, matematika dan statistik di Diablo Valley College.

3. Tenaga Ahli Muda di Kantor Staf Presiden

Usai lulus kuliah, Risa Santoso juga pernah bekerja sebagai tenaga ahli muda. Dia menjadi tenaga ahli muda selama 1 tahun 7 bulan dari Agustus 2015 sampai Februari 2017.

Setelahnya dia juga bekerja sebagai direktur pengembangan bisnis di Business Wisdom Institute selama 2 tahun 9 bulan.

4. Direktur pengembangan

Sebelum terpilih menjadi rektor termuda di Indonesia, Risa bekerja sebagai direktur pengembangan di Institute Asia, Malang. Dia menjabat posisi ini selama 2 tahun 10 bulan dari Februari 2017 sampai beberapa waktu lalu.
(Yanis)

Berita Terkait